Saturday 16 September 2023

Rekomendasi Tempat Servis Motor yang Bagus dan Murah

Dulu aku tuh, benar-benar malas buat service motor. Soalnya, aku ngerasa biayanya terlalu mahal. Apalagi kalau diminta ganti sparepart ini itu sama mekaniknya.

Aku juga nggak terlalu rajin ganti oli, meskipun sudah tahu kalau pabrikan otomotif merekomendasikan penggantian oli secara berkala. Soalnya, aku ngerasa motorku masih bisa dipakai walaupun jarang ganti oli.

Tapi, belakangan ini aku mulai rajin servis dan ganti oli setelah motorku makin nggak nyaman dipakai dan bikin aku takut setiap mau pergi-pergi pakai motor.

Jadi, motorku ini sudah mulai sulit distarter tangan, tarikannya makin lemot, remnya nggak makan, dan bannya sering terasa seperti mau kepleset kalau belok. Aku takut banget kalau suatu saat motor ini bakal mogok di tengah jalan.

Tapi, untuk beli motor baru, jujur, aku masih belum punya uang. Jadi, ya… aku bela-belain nyari bengkel yang murah asdal motorku bisa diservis. Siapa sangka, saat aku sedang nyari-nyari bengkel yang murah, malah ketemu bengkel yang bagus dan murah.

Tempat Service Motor yang Murah dan Bagus

Jadi, ceritanya itu begini. Waktu aku sedang nyari-nyari bengkel murah, seorang teman nyaranin aku untuk service ke Planet Ban. Katanya, bengkel ini menyediakan layanan servis dengan biaya yang terjangkau dan hasil bisa bikin mesin motor seperti mesin baru.

Awalnya, aku agak skeptis, tapi aku memutuskan untuk mencoba. Dan, ternyata beneran! Selain pelayannya ramah banget, hasil servisnya juga menurut aku memuaskan. Udah gitu, harganya juga murah banget.

Bayangkan aja, kalau kita mau service motor injeksi, seperti motor matic punyaku, biayanya cuma Rp20.000 aja.

Servis-servis lain biayanya juga termasuk murah sih menurut aku. Contohnya, service CVT sekalian rantai biayanya malahan nggak sampai Rp 20.000, seingat aku cuma Rp 19.500. Kemarin aku juga dikasih tahu sama pihak pihak Planet Ban kalau service throttle body ongkosnya cuma Rp20.000.

Selain itu, di Planet Ban, aku juga disarankan buat ganti oli pakai yang agak bagus. Katanya, itu adalah oli dengan teknologi Ester. Yang masa pakainya 2x lebih lama dibandingkan dengan oli biasa.

Setelah aku baca-baca di website otomotif. Oli dengan teknologi Esther itu memang punya masa pakai 2 kali lebih lama dibandingkan oli standar.

Oli standar biasanya disarankan untuk setiap 2500 atau 3000 km. Tapi kalau oli yang pakai teknologi Ester ini bisa diganti setiap 5000 km. Atau, bisa juga diganti dalam jangka waktu antara 4 sampai 6 bulan sekali.

Menurut aku, ini cocok banget buat aku yang jarang dan malas ganti oli. Walaupun harganya sedikit lebih mahal, tapi menurut aku itu jauh lebih worth it daripada diminta untuk ganti oli setiap 2 bulan sekali atau setiap 2500 km atau setiap 3000 km.

Alasan Aku Lebih Suka Servis Motor di Planet Ban

Meskipun mesin motor aku nggak 100% kembali terasa seperti baru beli, tapi aku yakin kalau motorku sekarang jauh lebih baik setelah servis di Planet Ban.

Mesinnya sudah terasa jauh lebih mulus, tarikannya juga lebih enteng, aku juga ngerasa bensin motorku jadi lebih irit dibandingkan dengan sebelum aku service.

Sekarang, aku udah lebih pede buat pergi-pergi pakai motor. Nggak cuma buat pergi ke tempat-tempat yang dekat, aku juga lebih pede pakai motorku untuk menempuh perjalanan jauh.

Bagian Motor yang Perlu Rutin di Service

Servis motor di Planet Ban nggak hanya bikin motorku jadi terasa jauh lebih baik, tapi aku juga dapat banyak pelajaran berharga dari mekaniknya. Menurut mekanik Planet Ban, setidaknya ada 5 hal dari motor kita yang perlu dicek secara rutin. Mulai dari oli sampai filter udara. Berikut adalah alasan kenapa 5 hal tersebut perlu dicek secara rutin.

1. Oli Mesin

Yang pertama adalah oli mesin. Karena ini adalah bagian motor yang paling banyak bekerja ketika sepeda motor dipakai.

Dari yang aku dengar, seiring waktu, oli mesin lama-lama akan berkurang kemampuannya dalam menjaga mesin karena terkontaminasi partikel-partikel dan mengalami tekanan serta suhu panas.

Jadi, kalau oli sudah terkontaminasi oleh partikel-partikel dan berbagai hal tersebut, oli tidak akan lagi berfungsi secara maksimal. Pada saat itulah kita diminta untuk mengganti oli motor.

Normalnya, oli bisa bekerja secara optimal untuk melumasi mesin motor dalam jangka waktu 2 bulan atau setara dengan perjalanan 3000 km.

Tapi menurut Teknik Sipil Planet Ban, sekarang sudah ada oli berteknologi Ester yang diklaim lebih bagus. Oli ini tidak mudah terkontaminasi partikel dan lebih baik dalam menahan tekanan serta suhu mesin, sehingga bisa digunakan lebih lama.

Oli teknologi Ester ini bisa dipakai sampai 5000 km atau dipakai selama 4 sampai 6 bulan sebelum kemudian diganti. Jadi, bisa dibilang, oli dengan teknologi Ester ini adalah base oil tertinggi di kelasnya bisa bertahan 2x lebih lama daripada oli biasa.

2. Filter udara

Waktu aku servis motor setelah lama nggak service, aku dipanggil mekanik dan ditunjukin bagaimana kondisi blok CVT dan filter udaranya. Meskipun sedikit agak malu, tapi aku akui, kondisinya benar-benar kotor dan tidak terawat.

Sampai-sampai mekaniknya bilang ke aku kalau filter udara motorku ini wajib diganti sekarang juga, karena kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan.

Karena aku lihat sendiri bagaimana kondisinya, jadi aku “iyain” aja. Soalnya aku juga khawatir kalau motorku tiba-tiba rusak parah gara-gara filter udaranya yang udah nggak berfungsi lagi.

Menurut mekanik, filter udara ini cepet banget kotor dan perlu rutin dibersihkan atau diganti kalau sudah waktunya. Itulah kenapa kita disarankan untuk servis motor setiap 2 atau 3 bulan sekali.

3. Kampas rem

Biasanya aku ganti kampas rem kalau remnya sudah mengeluarkan bunyi berdecit. Tapi katanya itu berbahaya, karena kalau rem udah ngeluarin bunyi berdecit, itu tandanya bahwa kampas rem sudah benar-benar habis.

Jadi aku disarankan untuk ganti kampas rem kalau kampasnya sudah mulai agak tipis, tapi sebelum benar-benar habis.

4. Ban

Waktu aku service motor, aku juga diminta untuk ganti ban. Padahal kalau dilihat, motif bannya masih cukup tebal karena motorku emang nggak terlalu sering dipakai.

Tapi kata mekanik, bukan itu masalahnya. Masalahnya adalah ada pada kondisi bannya sudah kadaluarsa.

Karena aku nunjukin gesture agak nggak percaya, mekanik nunjukin aku ciri-ciri ban yang kadaluarsa. Mulai dari bentuknya yang agak bergelombang di bagian pinggir. Dan, menurutku itu aneh banget memang. Kemudian, ciri lainnya adalah bantingannya yang agak keras. Aku akui, bantingan ban motorku agak keras dan suka bikin aku kurang nyaman kalau ketemu jalan yang kurang mulus.

Tapi waktu itu, aku nggak langsung ganti ban, karena aku belum punya uang. Tapi karena sudah ada bukti-bukti kalau ban motorku perlu diganti, aku berniat untuk menabung dan ganti ban secepat mungkin.

5. Motor harus rutin di tune up

Saran lain dari mekanik di bengkel Planet Ban yang aku ingat adalah, aku diminta untuk rutin servis tune up. Katanya, servis motor tune up ini gunanya untuk memeriksa semua komponen motor.

Khususnya untuk komponen-komponen yang berkaitan langsung dengan performa motor. Seperti kondisi mesin dan oli mesin, oli gardan, blok CVT, filter udara, hingga rem.

Selain komponen-komponen yang nggak kelihatan dari luar tersebut, tune up juga dimaksudkan untuk memeriksa kondisi bagian luar motor yang terlihat seperti tekanan ban, klakson, lampu, dll.

Jadi, kalau dalam proses tune up motor mekanik menemukan komponen-komponen tertentu yang perlu diperbaiki atau diganti, mekanik biasanya akan memberitahukan kita.

Keputusan akhirnya tetap ada di kita, apakah mau langsung diperbaiki atau diganti (kalau nggak bisa diperbaiki). Kalau kita setuju, barulah mekanik akan memperbaiki atau mengganti komponen motor yang rusak tersebut.

Planet Ban: Bengkel Service Motor Terbaik

Pengalaman aku servis motor di Planet Ban bikin aku yakin kalau tempat service ini merupakan salah satu yang terbaik. Apalagi, harga service motor di bengkel Planet Ban juga tergolong murah.

Alasan lain yang bikin aku yakin kalau Planet Ban merupakan salah satu bengkel service motor terbaik adalah karena hasil servisnya bisa bikin mesin motor kita seperti baru lagi.

Waktu aku tanya, ‘kenapa kalau servis motor di Planet Ban hasilnya selalu memuaskan?’ Mekanik dengan tegas menjawab. Di Planet Ban, servisnya menyeluruh dan tidak hanya fokus pada bagian-bagian yang mudah dibersihkan saja. Tapi, mereka juga akan membersihkan bagian-bagian yang tidak terlihat atau jarang dibersihkan kalau diservis di tempat lain.

Beberapa contoh bagian motor yang nggak pernah terlewatkan saat di servis di Planet Ban diantaranya adalah:

  • Kepala silinder
  • Blok CVT
  • Klep mesin
  • Piston
  • Throttle body

Semua bagian-bagian atau komponen motor tersebut akan dibersihkan sampai sisa-sisa debu dan kotoran atau sisa-sisa pembakaran semuanya bersih dari mesin.

Kelebihan Servis Motor di Planet Ban

Berdasarkan catatan aku pribadi, ada 7 hal yang menurut aku jadi kelebihan servis motor di Planet Ban dibandingkan dengan servis motor di bengkel lain.

  1. Pelayanan ramah dan profesional
  2. Waktu service-nya lumayan cepat
  3. Servicenya menyeluruh dan detail, bikin motor kita terasa seperti motor baru setelah diservis
  4. Harga servis terjangkau banget. Misalnya,
    1. Rp20.000 untuk servis motor injeksi
    2. Rp20.000 kalau mau service Throttle body. Dan,
    3. Rp 19.500 untuk servis CVT dan rantai
  5. Ada layanan servis terpadu atau tune up motor yang berguna banget untuk mengecek kondisi seluruh bagian motor. Servis terpadu ini berguna banget supaya kita bisa mengantisipasi kalau ada bagian-bagian dari komponen motor perlu diganti untuk mencegah kerusakan yang fatal
  6. Mereka nyediain oli motor matic dengan teknologi Ester yang diklaim 2 kali lebih tahan lama dari oli biasa dan bisa dipakai sejauh 5000 km, atau bisa diganti antara 4 sampai 6 bulan sekali. BTW, aku sudah baca sendiri kelebihan oli dengan teknologi Ester ini. Disebutkan kalau oli ini tuh punya banyak kelebihan, seperti:
    1. Bikin kondisi mesin lebih dingin
    2. Mesin jadi lebih awet
    3. Lebih ramah lingkungan karena kita nggak perlu sering-sering ganti oli
    4. Bikin tarikan motor jadi lebih enteng
    5. Motor juga jadi lebih nyaman untuk dikendarai karena mesin terasa lebih mulus
  7. Dan yang terakhir, servis di Planet Ban itu maksimal hasilnya. Selain bikin tarikan motor jadi lebih enteng, motor juga jadi lebih hemat BBM dan emisinya bisa turun sampai 70% lebih

Gimana? Murah dan bagus banget kan kalau kita servis motor di Planet Ban? Nah, kalau kamu kayak aku--yang agak males servis motor atau ganti oli. Saran aku, service aja motormu di bengkel Planet Ban. Kalau kamu udah lama nggak service, langsung aja minta tune up, buat ngecek semua kondisi komponen-komponen motor. Takutnya ada komponen-komponen yang sudah parah dan perlu segera diganti.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

23 comments:

  1. Planet Ban memang tempat servis motor andalan kita2 ya. Kualitas produknya sudah pasti terjamin oke. Montirnya ramah dan selalu bertanya dahulu pada pelanggan, mau diganti atau nggak. Urusan ganti oli, cek ban, kampas rem dll sudah menjadi keharusan rutin ya. Jangan sampai terlupa nanti menjalar urusannya hehehe :D

    ReplyDelete
  2. Yup si motor awet ya mba, aku jg merasakan seperti itu. Sehabis servis rasanya jg beda. Planet Ban ada dekat rumah, servis dan ganti ban rencananya akuu.. moga ada rezekinya ke Planet Ban

    ReplyDelete
  3. Wah, emang motor tuh perlu dirawat yah jangan cuma dipake aja, kasihan lelah lama-lama hehe. Nanti mau cobain ah service dan ganti oli di Planet Ban kebeneran di Bandung tuh lumayan banyak cabangnya

    ReplyDelete
  4. Ternyata recomended ya planet ban ini, kebetulan di dekat rumah saya ada 2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih dekat rumah saya juga ada, seneng banget kalau layanan servis dengan biaya yang terjangkau hasil bisa bikin mesin motor seperti mesin baru.

      Delete
  5. aku kalau ganti ban emang di Planet Ban sih dari dulu, karena tempatnya enak dan nyaman, walau aku ibuk2 tetep bisa ganti ban di sana sendirian, jadi gak perlu minta tolong sama suami buat ganti ban. Karena tempatnya ramah emak2

    ReplyDelete
  6. Aku langganan planet ban juga.. pelayanannya juga bagus dan kualitasnya terjamin

    ReplyDelete
  7. Wah ini aku banget, jarang ngurusin hal2 yang bau servis. Males banget. Tapi akhirnya tobat deh, ternyata servis rutin motor tuh sangat amat penting. Ngga boleh dilewatkan karena bagian dari safety. Untung deket rumah ada Planet Ban!

    ReplyDelete
  8. Servis motor di Planet Ban harganya terjangkau dan dijelaskan detail yah kondisi motornya. Buatku yang ngeblank tentang motor begini bisa lebih paham termasuk memilih oli yang lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  9. Layanan service yang diberikan oleh Planet Ban ini emang keren banget sih, Mbak. Emang cocok buat kita yang malas service motor, cuss aja ke Planet Ban.

    ReplyDelete
  10. Murah ternyata servis di planet ban. Enak banget kalau bisa servis motor di planet ban. Dekat rumah soalnya. Jadi lebih gampang kalau mau servis sendiri. Suda sering ke Planet Ban kalau urusan ban motor kami. Sekarang urusan service motor bisa di planet ban juga.

    ReplyDelete
  11. Planet Ban memang rekomended untuk servis kendaraan ya, bengkel ini menyediakan layanan servis dengan biaya yang terjangkau dan hasilnya bisa bikin mesin motor seperti mesin baru.

    ReplyDelete
  12. Aku jadi ingat belum servis motorlah bulan ini, untung baca tulisan ini ma kasih banget jadi ingat

    ReplyDelete
  13. Masyaallah serius mba 20 rb aja? Biasanya kan ratusan ribu ya. Mau cari planet ban deket rumah ah auto service deh

    ReplyDelete
  14. Aku baru mau nyari Planet Ban di kotaku, ada atau gak. Beberapa hal tentang motor tuh aku tahu. Cuma kebanyakan memang andelin Tukang Service aja. Kalau ada yang terjangkau dan bagus, kudu dicoba

    ReplyDelete
  15. Mba ini beneran service CVT sekalian rantai biayanya gak smp 20.000? duuh kok bisa semurah itu ya mba... lumayan menghemat banget. Jadi inget service sepeda anakku aja biayanya lebih lho dr segitu pdhal urusannya cm rantai2nya juga

    ReplyDelete
  16. Saya pun punya motor yang udah setia nemenin dari zaman kuliah dulu dan ini pun belum diganti. Bersejarah banget. Kondisinya sama sempat susah dinyalain, setelah diservis di Planet Ban ganti berbagai onderdil baru keadaanya lebih baik. Memang terpercaya sih Planet Ban ini

    ReplyDelete
  17. Servis paling kerasa abis banyak tuh kalau jarang servis yaa..
    Kaya yang semua mua kudu diganti dan butuh perhatian. Jadi sebaiknya memang servis rutin di bengkel terpercaya dan membanderol dengan harga yang ramah di kantong seperti Planet Ban.

    ReplyDelete
  18. Iyaa takut banget pas di jalan tahu-tahu motor mogok karena kurang perawatan padahal di Planet Ban ada perawatan rutin motor ya g terjangkau dan berkualitas

    ReplyDelete
  19. Sebagai cewek, saya juga gak begitu suka bengkel yg banyak cowok nongkrongnya. Makanya pilih planet ban yg langsung dikerjakan jadi gak kelamaan di bengkel dan antrean gak panjang. Ganti oli udah rutin, cek ban juga dong

    ReplyDelete
  20. Anakku baru servis motor matic wah, harus rutin kalau gak mogok. Pernah banget mogok di jalan hahah... Harus ke Planet Ban deh

    ReplyDelete
  21. Kalau urusan ban, aku dulu sering banget ngalamin ban bocor. Kayanya karena males2an ngecek kondisi ban kalau pas udah gembes/belum. Sekarang udah aku biasakan 2 minggu sekali isi angin dan udah hampir ga pernah ngalamin ban bocor lagi.

    ReplyDelete
  22. andalan banget ini aku ganti oli tiap bulan di Planet Ban. Kebetulan kalau pulang kantor ada Planet Ban di jalur arah pulang. Jadi sekalian mampir

    ReplyDelete