Tuesday, 11 July 2017

Obat Anyang-anyangan yang Aman untuk Ibu Hamil

Di kehamilan saya yang kedua ini rasanya lebih berat dibandingkan dengan kehamilan pertama dulu. Waktu hamil Kinza dulu, bahkan saya hampir tidak merasakan berbagai keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil kebanyakan, kecuali ngantuk dan malas. Selebihnya, saya hanya merasakan morning sickness yang ringan. Namun saat ini, di kehamilan yang kedua, segalanya terasa sangat berbeda. Saya lebih sering mengalami morning sickness hampir setiap hari, bahkan setelah usia kandungan sampai 7 bulan.



Saat hamil, tentu saja perasaan khawatir akan kesehatan sering mengganggu dan membuat saya perlu sedikit lebih waspada. Apalagi, disaat-saat hamil seperti ini, wanita sangat rentan terkena berbagai macam penyakit karena imun tubuh mereka yang tidak begitu kuat karena harus menjaga bayi di dalam rahim.

Menyadari hal tersebut, saya melakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan selama kehamilan mulai dari:


  • Rajin makan sayur dan buah
  • Lebih menjaga kebersihan
  • Minum vitamin atau suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, karena morning sickness seperti mual dan muntah seringkali menyebabkan saya enggak nafsu makan atau bahkan beberapa makanan yang sudah dimakan harus keluar dan perlu diganti.
  • Berusaha mencegah berbagai macam penyakit dengan cara-cara yang sehat Atau paling tidak, yang dianggap sehat.
  • Aktif bergerak
  • Menjaga kebersihan lingkungan

Selain prioritas di atas, saya juga mencoba untuk mengurangi konsumsi berbagai produk makanan dan minuman ringan yang banyak mengandung MSG, sodium, gula tambahan, gula buatan, pengawet dan lain-lain.

Salah satu jenis penyakit yang tergolong rentan dialami oleh wanita termasuk wanita hamil adalah anyang-anyangan. Penyebabnya, karena anatomi tubuh wanita, dimana letak anus dan kemaluan sangat dekat sehingga berpotensi menyebabkan bakteri seperti e. coli berpindah dan masuk ke dalam saluran kemih dengan mudah dan cepat serta menyebabkan infeksi.

Dalam kondisi tertentu, penyakit saluran kemih yang lebih dikenal dengan istilah ISK atau infeksi saluran kemih (anyang-anyangan) bisa membahayakan dan menimbulkan berbagai gejala mulai dari ringan hingga berat. Untuk mewaspadai penyakit ini, saya sendiri sudah mencoba beberapa cara diantaranya adalah:

  • Minum produk Uricran (uri-cran) yang terbuat dari ekstrak buah Cranberry. Cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan. Produk ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan bahkan bisa dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan saluran kemih kita. 
  • Membiasakan diri cebok dengan cara yang benar yaitu, cebok dari depan ke belakang agar bakteri yang keluar dari usus besar tidak masuk ke dalam saluran kemih.
  • Membiasakan diri menggunakan sabun setiap kali membersihkan dubur maupun kelamin.

Selain itu, Sebenarnya saya juga berusaha untuk selalu minum air putih dalam jumlah yang cukup (minimal 2 liter perhari). Selain bermanfaat untuk menambah jumlah air ketuban, minum air putih juga sangat bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil sehingga berbagai macam penyakit termasuk juga bakteri bisa keluar dengan lebih cepat melalui saluran kemih bersama-sama dengan urin.

Oh ya, selain menggunakan uri-cran, sebenarnya kita juga bisa minum air putih dalam jumlah yang banyak untuk mempercepat proses penyembuhan ketika terkena ISK. Selain itu karena mengkonsumsi buah cranberry juga bisa membantu mengatasi penyakit ini. Hanya saja, seperti saya mungkin kamu juga kesulitan menemukan buah ini di sekitar rumah atau di pasar. Karena memang di beberapa tempat cukup langka.

Semoga artikel cara mencegah dan mengobati anyang-anyangan di atas bisa membantu kamu, terutama ibu-ibu yang ingin terhindar dari penyakit anyang-anyangan selama kehamilan. Rasa dari Uricran juga seger lho.. gak seperti sedang minum obat, cobain deh :).

No comments:

Post a Comment