Saturday, 1 July 2017

Hello July, Ngomongin Prinsip Hidup Yuk

Iya prinsip! Sebenarnya banyak yang tanya dan ngebully saya dalam banyak hal dan sebenarnya juga saya ga ngerti-ngerti banget tentang apaan sih prinsip ini. Maklum, pengetahuan saya tentang kosakata kata-kata tingkat tinggi emang gak begitu bagus. Tapi apalah sekarang, media online sudah bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Sebagai orang yang berpikir dan punya pikiran, saya juga melakukan apa yang seharusnya orang mikir lakukan, mencari tau :D.



Prinsip menurut KBBI adalah, asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya); dasar;

Nah dari sini kita tarik garis besarnya aja, prinsip hidup adalah pemikiran dasar seseorang dalam menjalani kehidupan, menurut saya. Dulu, saya memang kurang ngerti cara mengaplikasikan sebuah prinsip dalam hidup saya seperti apa. Saya terkesan bingung dan rancu dalam pengartiannya. Padahal, sangat mudah sekali menjalankan sebuah prinsip jika kita konsisten dan gak mudah gamang.


Memilih Jalan Hidup harus dengan prinsip


Namun setelah menikah dan semuanya saya dapatkan setelah itu, prinsip-prinsip hidup yang suami saya terapkan juga menjadi bagian dari saya. Bukan masalah gak butuh atau sebuah kesombongan, tapi ini hanya tentang prinsip.

Seperti yang sudah saya katakan beberapa kali bahwa, kami memilih untuk tidak berhubungan dengan apapun yang berbau bajakan karena menurut kami, tindakan itu adalah salah satu bentuk pencurian. Selain itu, kami juga menghindari hal-hal yang berbau riba. Tapi kami memang masih menggunakan bank untuk transaksi keuangan, karena pekerjaan kita memang harus melalui bank, gak bisa dengan cara lain. Jangan salah ya.. Bank cuma buat numpang lewat aja, yang artinya gak pernah ada saldo yang bisa dibungain gitu deh hahahha.

Untuk hal-hal yang berbau riba lain seperti menulis sesuatu yang berhubungan dengan bank, asuransi, kredit dan semacamnya, memang sudah kami stop dari dulu. Saya pernah menulis tentang kredit, dan itu sebelum menikah dan sebelum saya tahu tentang riba itu apa.

Nah.. prinsip hidup ini diringkas dalam "Tidak memasukkan makanan atau apapun kedalam perut yang didapatkan dalam keadaan dan cara yang tidak baik. Harus jelas sumber dan asal-usulnya"! Ya.. saya manut saja, wong  istri kan tugasnya cuma manut sama suami karena itu adalah yang sangat baik menurut saya juga.


Belajar Untuk Tidak Mudah meninta 


Ini juga, semua harus didapatkan dengan berusaha, tidak mudah meminta kepada sesama dan tidak bermudah mudah dengan bantuan yang kiranya tidak diperlukan. Semua orang memiliki masalah yang kita sendiri belum tentu bisa membantunya. Jadi.. Intinya, lebih baik untuk banyak memberi banyak bantuan dari pada menerima banyak bantuan, begitulah kira-kira. Dannn sebenarnya banyak sekali prinsip-prinsip akhlak yang juga kami terapkan dikeluarga kami, tentu saja sebisa mungkin kami konsisten dengannya.

Jadi.. Apa prinsip hidupmu?


Tidak ada salahnya kan memulai dengan yang paling dasar untuk menjalani prinsip hidup yang lebih baik. Gak harus sama kayak saya, lebih baik juga boleh, boleh banget. Share yuk!

No comments:

Post a Comment