Friday, 6 January 2017

Resep - Semur Jengkol, Bau tapi Ngangenin

Makanan apa sih yang gak enak buat saya, saya pikir semua makanan saya mau dan masuk aja kedalam perut. Makanan mentah, makanan bau apalagi makanan yang enak haha. Sebenarnya, suami saya juga heran, biasanya saya makan makanan yang orang bahkan nyium aja gak mau #Tsah.. Maklumlah, Doi gak suka bau-bau yang menyengat seperti jengkol atau pete. Apalagi pete yang ada ulatnya, bisa didiemin saya gara-gara itu haha.

Semur Jengkol buatan Mrs. Jo ;)
Jengkol sendiri sebenernya enak banget kalo ngolahnya bener meskipun akan menimbulkan bau yang sungguh luar biasa saat ke kamar mandi. Belum lagi, bau di mulut yang gak ilang-ilang, rasanya nempel ditenggorokan gak mau luntur. Nah jika kebetulan kamu juga pengen ngrasaian gimana itu Jengkol apalagi dibikin semur, saya buatin resepnya ala saya yang enak banget, pedes nyes nyes gimana gitu. Asal tau aja, foto diatas itu porsi terakhir semur jengkol yang saya bikin sejak 3 hari yang lalu haha. Oke.. kita cus ke resep yuk..


Resep dan Bahan semur Jengkol


Resep semur jengkol ini sebenarnya saya acak aja sih haha, tapi entahlah.. baunya itu enak banget, gak bau jengkol pokoknya.


  • 500 gr Jengkol, tentu aja ya..
  • 4 buah Cabe merah 
  • 4 buah kemiri
  • 500 ml santan dari setengah butir kelapa
  • 10 buah cabe rawit - bisa ditambah kalo mau pedes lagi
  • Merica, secukupnya, jangan terlalu banyak
  • 5 Bawang putih
  • 5 Bawang merah
  • 2 buah cengkeh
  • 3 cm kayu manis
  • Sedikit Pala
  • 1 cm Kunyit
  • 2 lembar daun salam
  • 1 Serai
  • Garam dan gula
  • Kecap manis
  • 1 sendok teh Gula merah 
  • Kaldu bubuk - Bila perlu


Cara membuat semur jengkol enak dan gak bau

Cara membuat semur jengkol ini gampang bangett.. Pertama, kamu harus reus dulu jengkolnya ya.. sampai mateng. Kemudian rendam jengkol selama 3 hari, jangan lupa untuk selalu mengganti airnya setiap kira-kira 5-8 jam sekali, biar gak bau dan gak nyebar juga didalam rumah haha. Baunya gimana? Tenang, bau jengkol akan berkurang setiap harinya, yang kerasa malah kayak daging lho.. serius :D. Geprek jengkol sampai melebar tapi jangan sampai hancur ya..

Oh yaa... bumbu semua dialusin ya, jangan dibiarin aja, gak enak nanti :D. Tinggalin serai, kayu manis, cengkeh, daun salam. Tumis semua sampai mateng, masukin juga daun-daunan yang ditinggal tadi. Masukkan jengkol, oseng-oseng bentar sampai kecampur dan.. terakhir masukin santan, tunggu sampai sedikit mengering, cek rasanya ya.. Semur jengkol udah bisa dimakan pake atau tanpa nasi, bener-bener enak!

Stttt.. ternyata suami saya makan juga ini jengkol meski gak suka baunya, dan tadi saya tawarin gak mau lagi soalnya hari Jum'at. Takut kecium sama tetangga shof solat jumat nanti haha.. Selamat mencobaa..

No comments:

Post a Comment