Wednesday, 18 January 2017

Jaga Kesehatan Gusi dan Gigi dengan 5 Vitamin Ini

Kesehatan gigi dan gusi kadang menjadi salah satu hal yang sering disepelekan oleh sebagian orang. Mungkin karena kebiasaan diwaktu kecil yang jarang menggosok gigi. Jarang membiasakan anak untuk menjaga kesehatannya sendiri, jadi setelah tumbuh besar, kebiasaan itu terus terulang. Padahal, Gusi yang sehat tidak hanya akan membuat senyum kita semakin indah, melainkan juga menunjukkan bahwa mulut kita sehat secara keseluruhan. Seperti yang umumnya kita tahu, mulut merupakan pintu gerbang tubuh kita. Apabila mulut tidak sehat, maka kemungkinan besar tubuh pun akan sering sakit. Sebaliknya, apabila kesehatan mulut terjaga, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan pun akan ikut terjaga.



Oleh sebab itu, menjaga dan merawat kesehatan mulut sangat penting untuk dilakukan. Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, kita harus memenuhi kebutuhan nutrisi. Vitamin bisa membantu melawan berbagai penyakit di dalam tubuh dan bisa membantu memperkuat imun tubuh agar dapat melawan berbagai benda asing seperti virus, bakteri, dan lain-lain yang akan menyerang.

Sebaliknya, kekurangan vitamin bisa menyebabkan gangguan gangguan kesehatan dan menyebabkan benda benda asing seperti virus maupun bakteri lebih mudah menyerang. Khusus untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, ada beberapa vitamin atau nutrisi yang sangat dibutuhkan. Apa saja vitamin tersebut? Berikut diantaranya.

Vitamin A


Vitamin A memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan gusi dan mulut terutama dalam menjaga jaringan ikat agar tetap sehat. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk membentuk tulang lunak yang hadir di dalam gusi. Vitamin A secara khusus dapat membuat gusi menjadi lebih sehat dan membantu mempertahankan aliran saliva di dalam mulut.

Beberapa sumber vitamin A yang bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita diantaranya adalah: berbagai jenis sayuran berdaun hijau, wortel, ubi jalar, minyak ikan, dan berbagai jenis buah musiman seperti buah mangga.

Vitamin B1


Apa peran vitamin B untuk menjaga kesehatan mulut?

Vitamin B secara khusus bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Namun secara khusus, vitamin B berfungsi untuk mengurangi peradangan pada lidah dan membuat mulut kita bebas dari sariawan.

Karena kekurangan vitamin B seringkali menyebabkan seseorang mengalami luka atau iritasi pada mulut yang dianggap sebagai sariawan. Jadi, selain memenuhi kebutuhan vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan luka saat sariawan, kita juga membutuhkan vitamin B. Umumnya, vitamin B bisa ditemukan di makanan-makanan berikut ini: biji-bijian, daging, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin C


Vitamin C bisa membantu memperkuat gusi dan membuat mulut bebas dari serangan bakteri. Namun selain itu, vitamin C seperti yang telah disebutkan di atas juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan mulut mudah mengalami peradangan. Dan, gusi juga akan mudah mengalami pendarahan.

Di antara sumber-sumber vitamin C yang mudah kita temukan antara lain: berbagai jenis buah-buahan mulai dari buah strawberry, buah mangga, buah jeruk, buah jambu, paprika, dan buah-buah musiman lainnya seperti buah rambutan, buah durian, hingga buah melon.

Vitamin D


Vitamin D bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium. Ini adalah elemen penting yang akan membantu kita menjaga kesehatan tulang dan gigi. Memenuhi kebutuhan vitamin D harian akan membuat kita memiliki gigi yang kuat dan bebas dari resiko ginggivitis. Sumber-sumber makanan yang banyak mengandung vitamin D diantaranya adalah: ikan, susu dan berbagai produk susu, serta telur. Vitamin D juga umum kita dapatkan dari sinar matahari pagi hingga pukul 10.00.

Vitamin K


Manfaat vitamin K yang utama adalah untuk membantu membekukan darah. Itulah sebabnya mengapa vitamin K disebut sebagai clothing factor dalam istilah asing. Menurut ahli kesehatan, apabila kita mengalami kekurangan vitamin K, kita akan sering mengalami gusi berdarah dan mengalami kesehatan mulut yang buruk.

Agar tidak kekurangan vitamin K, sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi beberapa makanan sumber vitamin K berikut ini: Kedelai dan berbagai produk yang terbuat dari kedelai seperti tahu maupun tempe, dan sayuran berdaun hijau.

No comments:

Post a Comment