Sunday 7 August 2022

Mengenal Teknik SEO Pada Postingan Blog

Belajar blog adalah aktivitas yang harus dilakukan secara simultan. Layaknya orang tua yang mengurus anak-anak. Dalam mengurus blog juga dibutuhkan konsistensi, pengorbanan, dan juga kesabaran, agar blog bisa cepat tumbuh dan berkembang.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, membesarkan blog itu tidak hanya sekedar membeli domain lalu dibiarkan begitu saja, namun blog juga haruslah diberi “makan”.

Apa sih yang menjadi makanan untuk blog? Konten (artikel) yang bermanfaat dan sesuai dengan tema blog itu sendiri adalah makan untuk blog yang akan membuatnya tumbuh besar.

Bagaimana caranya memberi makan blog agar tetap eksis dan memiliki peringkat yang baik dimana Google? 

Menulis Konten dengan Teknik SEO untuk Blog

Blog yang kita buat bisa diisi dengan tulisan bertemakan apa saja. Meski demikian, memilih satu atau dua tema yang relevan akan membuat blog lebih fokus dalam membahas tema tersebut.

Para pengunjung atau pembaca juga akan lebih mudah menemukan artikel-artikel yang mereka butuhkan di dalam suatu blog, jika blog tersebut diisi dengan tema-tema yang bertalian satu sama lain.

Akan tetapi, usaha kita untuk menulis akan terasa sia-sia apabila tulisan tersebut atau blog yang kita bangun sulit dicari melalui mesin pencarian seperti Google, Yandex, Bing, dan lain sebagainya.

Agar lebih mudah ditemukan, dalam menulis kita juga harus memperhatikan teknik SEO (Search Engine Optimization). 

Gunanya adalah untuk mempermudah Google dalam menampilkan artikel yang relevan dengan keyword (kata kunci) yang dicari oleh user (pengguna).

Berikut adalah beberapa teknik SEO yang bisa diterapkan untuk blog dan artikel agar bisa tampil di halaman pertama dari hasil pencarian.

1. Riset Kata Kunci

Google memang terus memperbaharui algoritma mesin pencariannya untuk memberikan hasil yang terbaik bagi pengguna.

Akan tetapi, ada satu hal yang selalu konsisten digunakan oleh Google untuk mencari artikel terbaik dan yang paling relevan yaitu, kata kunci (keyword).

Karena itulah, menerapkan keyword yang tepat pada artikel akan mempermudah artikel tersebut diindeks oleh mesin pencarian seperti Google dan mendapatkan peringkat yang baik.

Pemberian peringkat yang baik oleh Google dan search engine lainnya akan membuat artikel yang kita tulis muncul di halaman pertama search engine saat user mencari informasi menggunakan kata kunci yang relevan.

Tujuan utama melakukan riset kata kunci adalah untuk membantu agar konten atau artikel yang kita buat tidak keluar dari topik yang dibahas dan relevan dengan apa yang dicari oleh audiens.

2. Gunakan Subjudul

Dalam beberapa kasus, subtitle atau subjudul kadangkala tidak begitu diperlukan pada sebuah artikel.

Akan tetapi, kehadiran subjudul akan membuat tulisan kita terlihat jauh lebih profesional dan lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Dengan menerapkan sub judul, artikel akan lebih mudah dipahami. Bahkan tak jarang, subjudul bisa membantu membaca mengingat poin-poin penting yang kita sampaikan.

3. Gunakan Bullet Point

Tidak jauh berbeda dengan subjudul, penggunaan bullet point juga sangat bermanfaat. Karena secara visual, ballet point akan menarik perhatian dan memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel.

4. Terapkan Metode Penulisan yang Benar

Tidak peduli apakah anda menulis dengan gaya bahasa gaul, semi formal, atau formal. Semuanya harus ditulis dengan metode dan struktur penulisan yang benar.

Misalnya, menerapkan huruf miring pada kata-kata asing atau kata-kata gaul, menempatkan tanda baca di tempat yang tepat, menggunakan garis bawah atau menerapkan bold pada kata kunci yang penting.

Kemudian, usahakan agar tulisan tidak mengandung typo (salah ketik).

Meskipun pada dasarnya, Google sudah sangat pintar dan bisa menganalisa kesalahan ketik. Akan tetapi, menulis tanpa typo akan jauh lebih baik.

Karena seperti sebuah peluru, kata-kata yang ditulis dengan tepat bisa langsung mengarah ke sasaran.

4. Gunakan Fitur Snippet

Saat pengguna mencari informasi dengan memasukkan kata kunci tertentu pada search engine, search engine akan menampilkan ratusan bahkan ribuan hingga jutaan artikel.

Tentu tidak mudah bagi pengguna untuk memeriksa satu per satu artikel yang paling relevan.

Untuk memudahkan pengguna mencari artikel yang sesuai dengan kebutuhannya, search engine seperti Google akan menampilkan snippet sebagai gambaran atau rangkuman dari artikel yang muncul pada hasil pencarian.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot-repot membuka satu-persatu artikel-artikel yang dimunculkan oleh Google untuk menemukan artikel yang paling relevan.

5. Menulislah untuk Manusia, Bukan untuk mesin

Meskipun kita berharap agar artikel yang kita tulis bisa muncul di halaman utama mesin pencarian. Namun, kualitas artikel itu sendiri tidak kalah penting dan memegang peranan penting.

Karena pada dasarnya, setiap pengguna menginginkan artikel yang relevan dengan apa yang mereka cari. Artikel yang relevan tersebut juga harus mudah dibaca dan dipahami serta mengandung informasi yang lengkap.

Karena itulah, mesin pencarian seperti Google akan mencari artikel yang paling relevan, bagus, mudah dibaca, dan terstruktur.

Jadi, setiap kali menulis artikel, cobalah untuk selalu menulis untuk manusia, bukan untuk mesin. Oleh sebab itu, dalam menulis, fokuslah menulis artikel yang,

  • Enak dibaca
  • Mudah dipahami
  • Informatif
  • Tidak berbelit-belit dan bertele-tele, serta
  • Terstruktur

6. Tambahkan Keyword di Meta Deskripsi

Meta description adalah rangkuman teks yang akan memberitahu mesin pencarian tentang isi halaman website.

Kata kunci yang diletakkan pada Meta Description memang dianggap sebagai salah satu teknik SEO yang sudah kuno.

Akan tetapi, hingga saat ini, cara ini masih cukup efektif untuk mendorong agar artikel yang kita tulis bisa tampil di halaman utama mesin pencarian.

7. Tambahkan Gambar (Image) pada Artikel

Ada ungkapan yang mengatakan “sebuah gambar bernilai seribu kata.” Bagi saya pribadi, ungkapan tersebut sepenuhnya benar.

Dengan menggunakan gambar, kita bisa menggambarkan situasi, kondisi, dan bahkan menjelaskan hal-hal yang harus dijelaskan secara panjang lebar dengan cara yang sederhana.

Karena itu, menempatkan gambar pada artikel selain bisa membantu mendukung pembaca untuk memahami pesan yang ingin kita sampaikan melalui artikel, juga bisa digunakan untuk memberikan informasi tambahan.

Karena memiliki peranan yang sangat penting, maka mengoptimalkan gambar juga sangat direkomendasikan. 

Disamping itu, penelitian telah membuktikan bahwa kualitas image atau desain gambar juga bisa mempengaruhi perilaku konsumen.

Karena itulah, teknik SEO selalu mempertimbangkan gambar sebagai salah satu elemen penting dalam artikel. Sehingga artikel yang dilengkapi gambar umumnya akan mendapatkan peringkat yang tinggi dimata Google atau mesin pencarian lainnya.

Agar gambar yang kita sematkan pada artikel bisa meningkatkan rating artikel di mesin pencarian, pastikan gambar tersebut diberi judul dan Alt yang relevan dengan tema artikel ataupun isi gambar itu sendiri.

Kesimpulan Menerapkan Teknik SEO pada Postingan Blog

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan rating website pada mesin pencarian agar bisa tampil di peringkat paling atas.

Sehingga, website atau konten yang ada di dalamnya lebih mudah ditemukan oleh siapapun yang mencari dan membutuhkannya.

Jadi, jika kita ingin blog, website, atau artikel yang kita tulis dan publish di blog maupun website bisa tampil di halaman utama mesin pencarian, kita harus menerapkan teknik SEO.

Teknik SEO melibatkan, kata kunci (keyword), gambar, penempatan kata kunci, penggunaan snippet, di samping fokus untuk artikel yang enak dibaca dan relevan serta sarat informasi.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: