Monday 14 June 2021

Tips Memilih Softlens Warna yang Sehat

Kamu pasti pernah dan sering mendengar istilah “softlens” atau “lensa kontak” disebut-sebut, dan tahu bagaimana bentuknya. Tapi, kamu mungkin tidak punya pengalaman tentang, bagaimana cara memilih softlens yang sehat dan bagus.

Jangan khawatir! Karena setiap orang pasti pernah mengalami momen dimana mereka mencoba sesuatu untuk pertama kalinya. Sehingga, wajar apabila kamu (mungkin) merasa bingung dan bertanya-tanya, bagaimana cara memilih lensa kontak yang tepat dan bagus serta sehat untuk digunakan?

Tips memilih Softlens

Pada dasarnya, lensa kontak (contact lens) adalah alat bantu penglihatan yang sangat efektif serta mudah dan aman untuk dipakai. Pilihannya sangat beragam dan tersedia dalam berbagai merk, material, warna, ukuran, dan spesifikasi.

Tetapi, meskipun memilih lensa saat ini sudah semakin mudah, namun kita tetap harus selektif. Karena lensa adalah benda external yang akan langsung ditempel di atas permukaan kornea mata. Karena itu, kita wajib mengetahui bagaimana cara memilih produk yang benar-benar sehat dan dijamin tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan pada mata dimasa yang akan datang.

Tips Memilih Softlens yang Sehat


Karena mata kita adalah taruhannya, maka wajar apabila kita harus selektif dan jeli dalam memilih softlens untuk dibeli dan digunakan. Pasalnya, beberapa diantara kamu mungkin akan menggunakan softlens tidak hanya sekali-dua kali melainkan setiap hari selama berjam-jam.

Untuk memilih lensa kontak yang benar-benar sehat dan cocok untuk kamu gunakan, kamu bisa mengikuti beberapa tips memilih softlens warna yang sehat berikut ini.

1. Pertimbangkan berapa lama kamu akan menggunakannya?


Sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli lensa kontak, kamu wajib mempertimbangkan seberapa sering lensa tersebut akan kamu gunakan.

Ya! Tidak seperti kacamata yang bisa digunakan terus-menerus hingga kacamata tersebut rusak atau tidak lagi bisa digunakan, lensa kontak diciptakan untuk digunakan selama, beberapa jam dalam sehari, beberapa hari dalam seminggu, atau mungkin hingga 1 bulan.

Itulah sebabnya mengapa ada pilihan lensa kontak daily (harian), mingguan (weekly) dan monthly (bulanan). Apa sih perbedaannya?

A. Lensa harian


Daily softlens atau lensa kontak harian adalah lensa yang dirancang untuk sekali pakai. Biasanya, lensa kontak seperti ini akan dipakai selama kurang lebih 6-8 jam sehari, lalu dibuang dan diganti dengan yang baru. Lensa kontak harian biasanya terbuat dari bahan-bahan lunak seperti Silicone Hydrogel (SiHy).

Beberapa lensa kontak ada yang bisa dipakai semalaman tergantung dari kemampuannya dalam mengalirkan oksigen ke kornea. Apabila kemampuan sebuah lensa kontak dalam mengalirkan oksigen rendah atau di bawah rata-rata, maka lensa kontak tersebut tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama karena akan membahayakan mata.

Kornea yang kekurangan oksigen bisa mengalami infeksi serius dan bisa mengalami komplikasi. Lensa yang digunakan melebihi rekomendasi masa pakainya, dapat mengalami keausan. Lensa yang aus akan menyebabkan penumpukan protein, peradangan kronis, hingga berpotensi menyebabkan kehilangan penglihatan. Jadi, jangan pakai lensa kontak terlalu melebihi anjurannya.

B. Lensa bulanan


Selain tersedia dalam pilihan lensa tipe harian, lensa mata juga tersedia dalam pilihan tipe bulanan. Lensa tipe bulanan dapat digunakan beberapa jam dalam sehari hingga kurang lebih 1 bulan kedepan. Setelah melewati masa pakainya, lensa tersebut juga harus dibuang dan tidak boleh digunakan kembali.

2. Pertimbangkan kenyamanan pemakaian


Lensa kontak biasanya dibedakan menjadi dua pilihan yaitu, yang menggunakan material kaku dan yang fleksibel. Lensa dengan material kaku yang disebut lensa RGP atau GP. Biasanya membutuhkan waktu yang agak lama sampai kita terbiasa dan merasa nyaman dengan lensa tersebut.

Sebaliknya, lensa yang fleksibel seperti yang terbuat dari bahan silikon hidrogel (SiHy) akan langsung terasa nyaman begitu digunakan dan tidak membutuhkan waktu adaptasi.

3. Apakah kamu punya waktu untuk merawat lensa kontak?


Untuk menghindari masalah serius terkait lensa kontak seperti, infeksi jamur pada mata atau ulkus kornea, kita harus merawat lensa kontak sesuai rekomendasinya.

Tapi, kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk perawatan lensa, menggunakan produk sekali pakai seperti yang ditawarkan oleh merk Miacare yang tidak membutuhkan perawatan cairan pelarut (solvent) bisa jadi pilihan terbaik.

4. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan softlens dengan warna yang berbeda dengan warna matamu?


Kalau kamu tertarik untuk menggunakan softlens warna untuk mengubah penampilan agar terlihat lebih cantik atau lebih atraktif, kamu perlu mempertimbangkan 2 hal berikut ini.

  • Tone kulit. Tone kulit bisa mempengaruhi pilihan warna lensa kontak yang cocok untuk kamu gunakan. Kalau kamu memiliki tone kulit yang hangat, kamu sangat cocok menggunakan warna-warna yang gelap. Sebaliknya, lampunya tone kulit dingin, kamu akan sangat cocok menggunakan warna-warna yang cerah

  • Warna mata. Perubahan warna mata yang drastis akan membuat kamu terlihat sangat berbeda pada awalnya. Hal tersebut bisa berarti membuat kamu terlihat makin cantik atau sebaliknya, terlihat norak. Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih warna lensa sebelum memutuskan untuk membeli. Jika tidak ingin mengalami perubahan penampilan yang terlalu signifikan dan mencolok, kamu bisa mencoba memilih lensa kontak dengan warna-warna yang natural atau mirip dengan warna asli matamu

Rekomendasi Softlens Warna Terbaik


Di luar sana ada banyak merek lensa kontak. Tapi jika ingin memilih yang bagus dan terjamin, saya pribadi merekomendasikan merek Miacare yang dikenal sebagai penyedia atau produsen softlens sehat dan alami

Ada 5 kelebihan softlens Miacare yang membuat saya yakin untuk merekomendasikan lensa kontak ini ke kamu. Apa saja kelebihannya?

  1. Dibuat dari dengan teknologi Silicone Hydrogel (SiHy) EautraSil. Teknologi ini diciptakan berdasarkan sumber daya yang berasal dari Benq Material, yaitu perusahaan optical filter polarizer terbaik di dunia

  2. Warnanya dibuat secara alami menggunakan pola dot matrix, bukan menggunakan pewarna atau semacamnya. Sehingga, sepenuhnya aman digunakan dan terlihat lebih natural. Inilah yang membuat Miacare softlens populer sebagai satu-satunya produsen softlens berwarna Silicone Hydrogel. Selain berguna untuk menghasilkan warna pada soflen, desain dot matrix yang menyerupai pori-pori tersebut juga berfungsi sebagai sirkulator oksigen, sehingga oksigen bisa mengalir dengan lancar ke kornea mata

  3. Kemampuannya mengalirkan oksigen ke kornea mata melebihi standar. Standar transmissibility oksigen yang ucapkan untuk sebuah softlens adalah Dk/t 125. Sedangkan softlens Miacare memiliki transmissibility oksigen hingga DK/t 151 untuk tipe Daily dan DK/t 193 untuk tipe Monthly

  4. Dilengkapi dengan UV Blocking. UV protector ini akan membantu melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet

  5. Water content atau kandungan air pada lensa Miacare mencapai 49% pada tipe daily dan 45% untuk monthly. Kadar air yang tinggi pada softlens membuat produk ini bisa digunakan dengan nyaman hingga kurang lebih 8 jam per hari

Itulah berbagai kelebihan yang dimiliki oleh produk Miacare. Sehingga tak mengherankan apabila produsen softlens ini dilabeli sebagai “no.1 Healthy and Charming Softlens in the world.”

Spesifikasi Miacare Softlens


Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, softlens Miacare tersedia dalam 2 pilihan yaitu, CONFIDENCE Silicone Hydrogel Color Daily dan CONFIDENCE Silicone Hydrogel Color Monthly.

Tipe daily tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu, Ocean Blue, Pearl Grey, Hazel Nude. Warna-warnanya dibuat dengan menggunakan teknologi titik-titik halus sehingga warnanya terlihat lebih natural dan menawarkan pandangan yang jernih serta bebas alergi maupun iritasi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah spesifikasi confidence Silicone Hydrogel Color Daily dan Monthly soft Contact Lens Miacare

1. Daily


  • Material: Filcon V Silicone Hydrogel
  • Color: Ocean Blue, Pearl Grey, Hazel Nude
  • Teknologi: eautrasil Plus
  • Pemakaian: Daily (harian)
  • Oxygen Transmissibility: DK/t 151
  • Water content: 49%
  • Ketebalan: 0.08@-3.00D
  • Modulus: 0.45mpa
  • Kurva dasa: 8.7 mm
  • Diameter: 14.1 mm
  • Color Ring: OD:13.0/ID:6.0
  • Smart Peripheral Edge Design
  • Kemenkes RI AKL: 21204021759 
  • Isi: 10 Pcs

2. Monthly


  • Material: Filcon V Silicone Hydrogel
  • Color: Daisy Pink, Icy Blue, Ashley Grey
  • Teknologi: eautrasil Plus
  • Pemakaian: Monthly (Bulanan)
  • Oxygen Transmissibility: DK/t 193
  • Water content: 45%
  • Ketebalan: 0.08@-3.00D
  • Modulus: 0.55mpa
  • Kurve dasar: 8.7 mm
  • Diameter: 14.3 mm
  • Color Ring: OD:13.5/ID:6.0
  • Kemenkes RI AKL: 21204021590
  • Isi: 2 Pcs

Dimana Beli Softlens Warna Miacare yang Asli?


Kalau kamu tertarik untuk beli softlens warna SiHy Miacare yang asli dan terpercaya, kamu bisa langsung mengklik link yang saya sematkan ini.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

1 comment:

  1. Kadang warna softlens lebih dinilai dari pada kesehatan softlensnya
    aku sering beli karena warnanya bagus. pas dipake ternyata gampang kering wkwkwkwk

    ReplyDelete