Wednesday, 13 December 2017

Perawatan Bayi Baru Lahir Tidak Sesulit yang Kita Bayangkan

Memiliki anak adalah keinginan semua wanita yang sudah berumah tangga. Ada banyak sekali cara yang dilakukan oleh banyak pasangan yang sulit memiliki anak  agar sang istri bisa mengandung. Tapi, sebagai wanita yang Alhamdulillah sudah memiliki 2 orang anak, saya merasa sangat bersyukur dan tentu saja bahagia. Kehadiran mereka dalam hidup saya adalah kebahagiaan buat saya dan suami. Nah.. saya kan termasuk ibu baru nih, sejak punya anak pertama usia 24 tahun dulu, saya sudah merawat anak-anak saya sendiri sejak mereka lahir. Artinya saya tidak menyewa dukun bayi atau orang lain untuk merawat anak saya, termasuk ibu dan ibu mertua saya ya..



Perawatan bayi baru lahir sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. Kadangkan banyak ibu muda yang takut pegang bayinya sendiri, takut pas ngerawat bayinya yang tali pusarnya belum lepas dan ketakutan-ketakutan lainnya. Ada beberapa tips dari pengelaman saya merawat bayi saya sendiri sejak lahir yang mungkin kamu bisa pakai saat menjadi orang tua nanti atau mungkin saat ini. Dan cara ini sih menurut pengalaman saya saja ya.. biar mudah hehe.


Cara Memandikan bayi


Gak usah takut buat mandiin bayimu sendiri, bayi baru lahir yang kecil itu insyaAllah sudah kuat dan siap dirawat oleh ibunya sendiri. Memandikan bayi ini caranya juga sangat gampang. Pertama, sabunin bayi diatas tempat tidur, pakai alas seperti matras yang gak menyerap air atau sejenisnya juga bisa, seperti bedong juga gak papa. Kemudian, mandikan bayi dalam bak berisi air suam-suam kuku, jangan air dingin dulu ya hehe. Caranya megang bayi, tangan kita pegang ketiak bayi yang sebelah kiri, sementara lengan menyangga kepala bayi.

Basuh mulai dari wajahnya perlahan, kemudian dilanjutkan kepala kemudian badan dan terakhir kemaluan beserta kakinya. gampang banget kok, kalau enggak dicoba mesti ada rasa takut dan ngerasa kesulitan dengan acara memandikan bayi ini.

Kemudian selanjutnya adalah memakaikan baju bayi, masak makein baju bayi sendiri takut hehe, Memakaikan bayu bayi ini juga sangat mudah, pertama olesin dulu badan bayi dengan minyak telon agar dia hangat. Kalau untuk bedak bayi, saya tidak sarankan karena banyak sekali pertimbangan kesehatan menurut saya. Saya sendiri tidak pernah memakaikan bedak bayi kepada anak saya karena pertama, bekas bedak yang ada di daerah yang berlipat-lipat, berpotensi adanya kuman didalamnya. Yang kedua, bedak bayi bisa terbang kemana-mana dan mengenai bisa mengenai matanya. Dan ketiga, saya gak butuh bayi saya wangi sih haha.. kalau mau wangi pakai baby collonge aja dibajunya, jangan dibadannya ya..

Kembali kecara memakaikan baju bayi ya, siapkan dulu bajunya dan saran dari saya baju yang dipilih adalah baju yang memiliki kancing depan atau bukaan depan. Hal ini untuk memudahkan kita memasukkan baju kebadan bayi. Nanti kalau sudah ahli, baru deh pakein baju tanpa kencing :D. Dan selesai sudah cara memandikan bayi yang benar tanpa rasa takut juga ya.. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment