Wednesday, 20 December 2017

7 Tempat Wisata di Yogyakarta yang mungkin Kamu Lewatkan

Jika ingin mencari tempat wisata antimainstream di Yogyakarta mungkin agak sulit karena hampir semua tempat wisata di Yogyakarta cukup dikenal di kalangan wisatawan dari mulut ke mulut. Apalagi dengan adanya sosial media, tempat wisata baru pun bisa langsung diserbu dalam hitungan hari.

Jogja Bay image source: IG @ibnu_harisa


Nah, jika memang tempat wisata di Yogyakarta yang paling hits sudah kamu jajal semua, kiranya ada beberapa tempat wisata yang mungkin kamu lewatkan. Tempat wisata ini boleh jadi tempat wisata yang antimainstream. Namun jangan berharap tempat wisata ini sepi pengunjung pada saat weekend atau hari libur nasional. Terlebih kamu harus antisipasi tiket pesawat semua penerbangan habis saat high seasons.

1. Alun-Alun Kidul


Alun-Alun Selatan memang lebih kecil dibandingkan Alun-Alun Utara, namun kehidupan Alun-Alun Selatan baru berdetak setelah matahari kembali ke peraduannya. Siapa sangka jika Alun-Alun Selatan justru semakin ramai pada saat malam hari.


Nah, beberapa yang wajib kamu coba adalah menaiki odong-odong warna warni yang bercahaya pada malam hari. Becak yang dihias dengan lampu ini bisa dikayuh oleh 4 orang sekaligus. Mirip seperti mobil keluarga mini dengan tenaga manusia alias harus dikayuh.

Selain itu ada kuliner populer di sini yaitu cilok gajahan. Meskipun cilok merupakan panganan dari Jawa Barat, namun ternyata sangat laris di Yogyakarta. Asalan disebut Cilok Gajahan karena di Alun-Alun Selatan terdapat kandang Gajah milik Keraton.


2. Museum Ullen Sentalu


Selain Museum Affandi yang memiliki 300 koleksi benda seni, salah satu museum kebanggaan warga Yogyakarta adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini termasuk museum yang sangat unik karena koleksinya berupa benda-benda yang masih eksis dan dilestarikan hingga saat ini.

Misalnya saja seperti batik. Batik sangat populer di Yogyakarta termasuk didianjurkan untuk mengenakan batik setiap hari Jumat sebagai salah satu wujud melestarikan warisan budaya nasional. Perlu diperhatikan bahwa pengunjung tidak diperkanankan membawa kamera jika ingin berkunjung ke museum ini.

3. Tlogo Putri Kaliurang


Kawasan Kaliurang yang dulunya dianggap sebagai dusun kini malah sudah berubah dengan bangunan-bangunan tinggi, ruko-ruko hingga jejeran kos-kosan. Semua terjadi karena Kaliurang dilirik sebagai daerah yang cocok untuk membangun kampus baru disaat keterbatasan lahan di pusat kota.

Nah, salah satu tempat wisata favorit di Kaliurang adalah Tologo Putri. Tiket masuknya amat terjangkau. Lalu apa yang bisa dilakukan di sini? Memandangi bukit dan meresapi keindahan alam sudah menjadi hal yang mewah di Kaliurang. Apalagi jika ditemani secangkir teh hangat yang disruput bersama keluarga. Cicipi pula jadah tempe atau sate kelinci khas Kaliurang yang menggugah selera.

4. Jogja Bay Adventures Waterpark


Perkembangan kota Jogjakarta memang cukup pesat. Tak mau kalah bersaing dengan kota-kota besar lainnya, Yogyakarta punya waterpark kebanggaan yaitu Jogja Bay Adventures Waterpark.

Layaknya wahana taman air, Jogja Bay memiliki tema bajak laut. Beberapa spot malah cocok untuk dijadikan tempat foto yang instagrammable. Pastikan menggunakan kamera anti air saat bermain di Jogja Bay.

5. Kalibiru


Nah, ini dia tempat wisata yang awalnya antimainstream tapi langsung jadi tempat favorit setelah booming di sosial media. Wisata Kalibiru amat dikenal di sosial media karena pemandangan indahnya.

Sejarah rumah pohon yang instagrammable di Kalibiru inilah yang seolah menjadi virus dalam dunia wisata sehingga kini banyak dibangun gardu pandang di tempat-tempat wisata yang berada di ketinggian dan menjual pemandangan alam seperti di Tebing Kerton Bandung.

6. Hutan Pinus dan Taman Buah Mangunan


Panggung taman buah Mangunan sempat viral di media luar negeri. Salah satu yang mencolok adalah sebuah amphiteater yang memiliki desain yang menyatu dengan alam. Apalagi panggungnya dibuat berada persis ditengah-tengah hutan pinus Tak heran jika banyak orang yang penasaran dengan keindahan dan kreatifitas pengelola Taman Buah Mangunan.

Jika ingin ke sini pastikan kendaraan kamu benar-benar fit dan bisa menanjak. Soalnya medan jalan menuju Mangunan memang cukup terjal dan berliku. Pastikan pula sopir mobilnya sudah berpengalaman. Sebagai taman buah yang berada di ketinggian, kamu juga perlu tahu informasi kapan buah-buahan di Taman Buah Mangunan bisa dipanen.


7.  Gunung Api Purba Nglanggeran


Tempat wisata yang tergolong baru ini memang memikat hati karena pesona gunung purbanya. Tak berbeda jauh dengan gunung karst di Sulawesi atau Taman Gantung di Bandung. Gunung Api Purba Nglanggeran dipercaya merupakan magma yang telah membeku selama kurang lebih 60 juta tahun silam.

Inilah salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sang surya terbit dari ufuk timur. Namun, karena medan jalannya tidak mudah, butuh persiapan lebih jika ingin mendaki gunung purba Nglanggeran. Utamanya adalah memilih pemandu yang tepat untuk mendaki dengan peralatan yang aman.

Jangan takut kehabisan tiket pesawat murah ke Yogyakarta, jika kamu beruntung kamu bisa mendapatkan tiket pesawat promo Garuda Indonesia di Reservasi.com. Pantai promonya setiap hari, karena pasti ada promo terbaik yang cocok untuk tempat wisata impian kamu.

No comments:

Post a Comment