Tuesday, 28 November 2017

Keuntungan Menggunakan Jaket Motor Saat Berkendara

Di siang hari yang panas, kita sering melihat orang naik motor pake jaket terbalik... apapun maksud dan tujuannya, jaket terbalik jadi fenomena tersendiri di Indonesia. Bagi saya, mengenakan jaket terbalik mungkin enggak akan pernah saya lakukan. Selain kelihatan kurang keren, faktor keamanan adalah salah satu yang perlu dipertimbangkan. Karena mengenakan pakaian secara terbalik dapat membatasi ruang gerak tangan apabila terjadi sesuatu, seperti kecelakaan misalnya.

Tapi yang jelas, mengenakan aksesoris yang tepat saat berkendara bisa memberikan keamanan yang lebih baik. Salah satu aksesoris terbaik saat berkendara adalah jaket motor.

Image source: Unsplash


Beli jaket motor murah disini kalau kamu belum punya. Selain melindungi kita dari sengatan sinar matahari sehingga kulit enggak akan gosong dan jadi hitam, sebenarnya jaket juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan safety saat berkendara, layaknya helm yang melindungi kepala apabila terjadi kecelakaan.

Jaket motor bisa jadi opsi kalau kamu bosan dengan menggunakan jaket-jaket tradisional yang gayanya gitu-gitu aja. Kamu bisa mencoba mencari jaket yang punya desain dan fitur bagus serta terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang bisa bikin kamu terlihat lebih keren saat naik motor.


Ngomong-ngomong soal jaket motor, berikut adalah beberapa manfaat apabila kita mengenakannya ketika berkendara.


Manfaat menggunakan jaket motor


1. Memberikan keamanan lebih


Mengendarai sepeda motor dengan pakaian yang salah bisa sangat berbahaya bagi kita maupun penumpang terutama apabila terjadi kecelakaan. Jaket sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh kita terutama bagian-bagian tertentu yang rawan seperti siku, punggung, dan dada.

Karena ini bukan hanya sekedar aksesoris, maka kamu wajib memilih jaket yang tepat, yang memiliki fitur keamanan, serta bisa melindungi tubuh.


2. Bisa bikin kamu terlihat lebih keren


Saat ini, desain jaket motor enggak lagi kaku dan gitu-gitu aja. Ada banyak macam jaket motor yang bisa kamu pilih berdasarkan selera. Kamu bisa memilih berdasarkan warna, bentuk atau desain, hingga bahan-bahan yang digunakan.

Untuk pria, jaket berbahan kulit adalah pilihan tepat. Mereka akan terlihat lebih gagah dan keren saat mengenakan jaket kulit.

Tidak hanya untuk kaum Adam, sebenarnya jaket motor juga tetap pantas untuk dikenakan oleh kaum Hawa. Bagi kamu cewek-cewek yang tertarik untuk membeli jaket motor, saat ini sudah tersedia jaket motor khusus untuk wanita yang kekinian dan gak bikin kamu mati gaya.


3. Jaket bisa melindungimu dari angin kencang


Mengendarai motor tanpa memberikan perlindungan lebih terhadap tubuh dari terpaan angin bisa sangat berbahaya. Bagian dada dan leher sebaiknya dilindungi dari angin yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Ini pasti sudah enggak asing buat kamu... Kamu mungkin pernah mendengar orang/teman/saudara yang terkenal paru-paru basah, TBC, hingga infeksi saluran pernapasan dan bronkitis karena enggan melindungi bagian depan tubuh saat berkendara. Apalagi, jika sering berkendara di malam hari atau di pagi hari ketika cuaca masih sangat dingin dan lembab.

Menggunakan jaket saat berkendara jarak jauh sangat penting. Menurut Bambang Wispriono, Ph.D, seorang Dekan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, ketika berkendara jarak jauh (dalam waktu yang sangat lama), tubuh tidak akan mampu bertahan dari terpaan angin sehingga bisa berdampak pada kondisi kesehatan. Dengan menggunakan jaket, kita bisa meminimalisir terpaan angin terhadap tubuh sehingga tubuh pun bisa bertahan dengan lebih baik.


4. Melindungi kulit dari debu dan polusi


Bagi kamu yang suka mengenakan pakaian lengan pendek agar merasa lebih sejuk karena cuaca di Indonesia yang panas dan bikin gerah, saat berkendara, sebaiknya kamu mengenakan pakaian tertutup.

Karena di jalanan, debu dan polusi udara jauh lebih banyak dan lebih pekat dibandingkan saat kita berada di rumah. Oleh sebab itu, mengenakan pakaian tertutup seperti jaket misalnya, adalah pilihan tepat untuk melindungi kulit dari debu dan polusi.

Mengapa kita perlu melindungi kulit?

Dilansir dari Alodokter, polusi dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kulit, seperti:
  • Penuaan dini, sehingga kulit akan lebih mudah mengalami keriput atau garis-garis halus
  • Dapat menyebabkan penyakit kulit seperti eksim bertambah parah
  • Psoriasis
  • Dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sel kulit
  • Menyebabkan produksi kolagen kulit
  • Dapat menyebabkan aktifnya molekul tertentu yang bisa menimbulkan pigmentasi pada kulit
  • Menyebabkan kulit menjadi kering
  • Bisa juga menyebabkan psoriasis


5. Jaket bisa melindungi kita dari kanker kulit dan berbagai bahaya akibat sengatan sinar matahari


Berkendara di siang hari tanpa perlindungan seperti helm dan jaket dapat menyebabkan kulit wajah, kulit lengan, serta kulit bagian leher rentan terhadap berbagai masalah akibat paparan sinar matahari.

Sinar matahari bisa menyebabkan penuaan pada kulit, apalagi jika terpapar sinar ultraviolet. Lama kelamaan serat kolagen dan elastin, yaitu dermis kulit dapat mengalami kerusakan. Akibatnya, kulit pun akan menjadi kendur, pori-porinya membesar, dan terlihat keriput.

Parahnya lagi, kulit jadi sangat mudah memar ketika terbentur karena kehilangan banyak serat kolagen yang seharusnya bisa menjadi "bantalan" untuk melindungi kulit.

Enggak hanya itu efek yang disebabkan oleh radiasi ultra violet pada kulit, melainkan dapat juga menyebabkan kanker kulit, dapat menyebabkan kerusakan materi genetik pada sel kulit, dan dapat menyebabkan pertumbuhan sel kulit jadi enggak terkontrol.

Nah, selain dengan menggunakan tabir surya, sebaiknya lindungi kulitmu agar tetap sehat dan cantik dengan menggunakan pakaian, terutama jaket saat berkendara.


6. Bisa melindungi pakaian di bagian dalam saat gerimis


Pada saat cuaca kurang bersahabat, misalnya ketika gerimis, biasanya kita agak males menggunakan jas hujan karena kita menganggap gerimis enggak akan menyebabkan kita basah kuyup layaknya hujan lebat. Tapi tetap saja, yang namanya air, akan bikin kita basah, atau paling enggak bikin pakaian kita terlihat belang karena basah sebagian. Nah, kalau kamu nggak males make jas hujan yang enggak ada keren-kerennya sama sekali... kamu bisa cari alternatif lain untuk melindungi pakaianmu agar enggak basah karena gerimis, salah satunya adalah dengan menggunakan jaket motor.

No comments:

Post a Comment