Thursday, 8 June 2017

Apa Saja Penyebab Anak Terlambat Berbicara?

Ketika Anda merasa anak terlambat berbicara dibandingkan dengan teman-teman seusianya, Anda tentu bertanya-tanya dan sedikit khawatir, apakah hal tersebut merupakan masalah? Ataukah masih tergolong normal pada usia tertentu? Jika ini merupakan masalah, adakah cara untuk mengatasinya?

Apa Saja Penyebab Anak Terlambat Berbicara?


Seringkali, anak yang telat berbicara hanyalah kondisi sementara saja. Bukan merupakan masalah. Akan tetapi, jangan buru-buru mengklaim bahwa hal tersebut disebabkan karena autisme. Menurut Stephen Camarata, seorang profesor di bidang ilmu mendengar dan berbicara dari Vanderbilt School of Medicine mengatakan, "hampir semua anak-anak dengan autisme terlambat bisa bicara, akan tetapi tidak semua anak-anak yang lambat bisa bicara memiliki autisme."

Penyebab anak terlambat bicara


Normalnya, anak usia 1,5 tahun sudah bisa mengucapkan beberapa kata (minimal 5) yang sering didengarnya seperti mama, ini, papa, apa, maem, mimi, dan lain-lain. Seiring dengan bertambahnya usia, anak berusia 2 tahun sudah akan bisa merangkai antara dua-tiga kata atau lebih. Tapi sayangnya, ada beberapa anak yang pada usia 2-3 tahun masih belum lancar berbicara dan hanya mengucapkan sepatah dua patah kata saja.


Sebenarnya apa sih penyebab mengapa anak-anak terlambat berbicara?


Karena pendengarannya terganggu


Jika pendengaran anak terganggu, hal tersebut akan menyebabkan suara yang masuk ke dalam telinga sedikit. Oleh sebab itu, Bunda wajib mencoba men-screening pendengaran anak jika menemukan beberapa kejanggalan ketika menstimulasi anak dengan suara-suara tertentu pada saat masih berusia di bawah 7 bulan.

Gangguan pendengaran juga akan membuat informasi yang diterima oleh anak menjadi kacau. Hal tersebut dapat berpengaruh pengucapannya.


Perkembangan otak yang terganggu


Apabila perkembangan otak anak terhambat, hal tersebut akan menyebabkan otak mereka tidak efisien digunakan untuk memerintahkan mulut, bibir, dan lidah menghasilkan bunyi-bunyi tertentu.

Komunikasi yang sedikit


Apabila jarang diajak berkomunikasi, jarang diperdengarkan suara-suara tertentu, atau jarang diajak berbicara, anak-anak cenderung akan kesulitan berbicara di masa pertumbuhannya.
Mendengarkan lebih dari satu jenis bahasa
Anak-anak yang sejak balita diajarkan berbagai jenis bahasa kadang-kadang menjadi bingung dan menyebabkan mereka terlambat berbicara.

Pasif


Saat ini, gadget adalah salah satu bagian dari kehidupan kita yang kadang-kadang juga diperkenalkan kepada anak sejak mereka berusia dini. Apabila anak-anak terlalu sering menonton melalui televisi atau gadget, ini akan memicu mereka menjadi anak yang pasif dan jarang berkomunikasi.

Autisme


Penyebab lain mengapa anak terlambat berbicara adalah karena autisme. Namun seperti yang telah disampaikan di atas, anak yang terlambat berbicara belum tentu mengalami autisme. Sedangkan anak autisme biasanya memang terlambat berbicara.

Trauma


Anak-anak yang sering mengalami kekerasan biasanya menjadi takut dan pendiam. Anak-anak semacam ini akan memiliki sifat bisu selektif yaitu, mereka akan mengidentifikasi kondisi lingkungan terlebih dahulu sebelum berbicara. Anak-anak semacam ini cenderung takut berbicara dengan orang lain karena trauma akibat kekerasan fisik yang pernah dialaminya.

No comments:

Post a Comment