Friday, 16 June 2017

Anak Tetap Sehat di Musim Hujan, Ini Rahasianya

Ketika musim hujan tiba, anak-anak rentan terhadap berbagai macam penyakit, mulai dari flu, batuk, diare, hingga demam berdarah. Menjamin agar anak-anak sehat di musim hujan dan bebas dari berbagai macam penyakit memang tidak mudah. Akan tetapi bukan berarti tidak mungkin bukan?



Kalau Bunda ingin buah hati tetap aktif dan sehat saat musim hujan, setidaknya bunda harus tahu apa yang harus dilakukan. Rahasia anak tetap sehat selama musim hujan berikut ini bisa diterapkan:


Jaga kebersihan lingkungan


Yang pertama dan yang paling utama adalah menjaga kebersihan lingkungan. Membersihkan sampah, membuang benda-benda yang bisa menampung air mengurangi jumlah pakaian kotor yang digantung, hingga membersihkan selokan akan meminimalkan resiko terkena berbagai penyakit.


Biasakan anak untuk mencuci tangan 


Kegiatan sederhana ini walaupun tampak sepele namun efeknya sangat besar terhadap kesehatan. Karena cara paling efektif untuk menyingkirkan berbagai kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun.

Anak-anak harus mencuci tangan sesaat,


  • Setelah dari toilet
  • Setelah menyentuh atau bermain dengan mainan mereka
  • Setelah bermain di luar
  • Sebelum tidur
  • Sebelum makan


Tidak hanya anak-anak yang wajib mencuci tangan secara rutin, melainkan orang tua juga perlu untuk waspada. Setelah mengganti popok, setelah dari kamar mandi, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah menyentuh tanah, dan setelah membuang sampah, Bunda wajib mencuci tangan.

Biasakan anak tidak sering menyentuh mata dan hidung 


Kita tidak tahu kapan anak-anak menyentuh benda-benda yang kotor yang banyak mengandung bakteri dan virus atau kuman. Sehingga, mewaspadai agar bakteri atau berbagai penyebab penyakit tersebut tidak menginfeksi anak, biasakan anak-anak tidak menyentuh hidung dan matanya. Karena kuman maupun bakteri bisa masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir kemudian ikut ke dalam aliran darah.

Biasakan menggunakan kain yang bersih atau tisu untuk mengatasi hidung yang gatal atau mata berair.

Hati-hati dengan tempat penitipan anak 


Berhati-hatilah terhadap tempat penitipan anak yang tidak memberlakukan peraturan tertentu apabila anak sakit, misalnya, jika anak terkena demam, flu, muntah, hingga diare. Sebaliknya, cobalah untuk mencari tempat penitipan anak yang benar-benar menerapkan standar tinggi untuk kesehatan.


Pastikan anak-anak mendapat vaksinasi 


Beberapa hari terakhir, saya membaca banyak berita tentang orang tua yang anti vaksin. Saya sendiri adalah termasuk orang tua yang pro Vaksin. Vaksin memang tidak bisa melindungi anak dari penyakit. Akan tetapi vaksin bisa membantu mengurangi tingkat keparahan penyakit yang diderita oleh anak.

Lakukan Apapun yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak secara alami 


Berbagai hal yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak mulai dari makanan sehat yang bernutrisi, tidur teratur dan cukup, hingga melakukan berbagai aktivitas fisik seperti bermain dan berolahraga harus diterapkan untuk melindungi anak agar tidak gampang terkena penyakit.

1 comment:

  1. Ini bener banget sih mbak. Kadang ya kalau tinggal di lingkungan yang padat, kita nya udah berusaha bersihin lingkungan tapi tetangga kita jorok jadi sama aja, hhh kzl.
    btw salam kenal ya mbak!

    ReplyDelete