Monday, 23 January 2017

5 Minuman Sebelum Tidur yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Menurut ahli kesehatan, kalau mau langsing kita dianjurkan untuk tidak makan terlalu banyak sumber kalori di malam hari. Atau dengan kata lain, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran saja.

Tapi kebiasaannya, seperti rata-rata masyarakat Indonesia lainnya, kita cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori seperti nasi, nasi goreng, mie instant, dll.

Kebiasaan begadang di malam hari juga adalah salah satu pemicu mengapa berat badan mudah naik. Karena ketika malam dan cuaca dingin, perut cenderung lebih mudah lapar sehingga memaksa kita makan lebih banyak makan atau mengkonsumsi cemilan.



Kabar baiknya, ada beberapa jenis minuman yang kadang-kadang kita konsumsi sebelum tidur yang ternyata tanpa kita sadari bisa membantu menurunkan berat badan. Apa saja minuman tersebut? Berikut diantaranya.


Susu


Segelas susu, entah itu hangat atau dingin, bisa membantu tidur lebih nyenyak karena di dalamnya terkandung kalsium dan triptofan.

Tidur nyenyak di malam hari bisa membantu mengurangi rasa lapar di pagi hari dan bahkan bisa membantu memberikan semangat yang lebih baik.

Selain itu, protein kasein yang terdapat di dalam susu ternyata juga bisa membantu memperlambat pencernaan, membantu membangun otot pada malam hari ketika tidur, dan bisa membantu mempercepat metabolisme sehingga berat badan cenderung lebih mudah turun.


Jus anggur


Memang tidak dianjurkan terlalu sering mengkonsumsi jus buah. Sekali waktu, minum segelas 100% jus anggur dipercaya bisa membantu membakar lemak saat kita tidur.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di dalam Cell Reports menunjukkan bahwa, reaksi insulin di malam hari yang disebabkan karena kita mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti jus bisa membantu mengatur ritme sirkadian tubuh.

Adanya kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan yang terdapat di dalam anggur ternyata bisa membantu membakar dan mengurangi kalori di dalam tubuh.


Teh chamomile


Satu cangkir teh chamomile panas apabila dikonsumsi sebelum tidur bisa meningkatkan glisin di dalam tubuh. Glisin adalah sejenis neurotransmitter yang akan membuat saraf menjadi lebih tenang sehingga tubuh akan lebih rileks.

Selain manfaat tersebut, menurut penelitian, teh chamomile juga bisa membantu meningkatkan kontrol glukosa dan membantu menurunkan berat badan.


Minuman probiotik


Ada banyak jenis minuman probiotik yang bisa kita temukan seperti yakult atau yogurt rendah lemak, minuman-minuman tersebut dikenal sebagai minuman yang bisa membantu menyeimbangkan bakteri baik yang sehat di dalam usus sehingga pencernaan akan menjadi lebih sehat, bebas sembelit dan terhindar dari berbagai jenis kanker.

Selain itu, minuman probiotik juga dipercaya bisa membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral dengan lebih efektif.

Makan yogurt atau minum yakult sebelum tidur dipercaya juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan membuat tubuh menjadi lebih segar saat bangun di pagi hari.


Susu kedelai


Susu kedelai kaya akan protein dan mengandung asam amino triptofan yang bisa meningkatkan kualitas tidur (membuat tidur lebih nyenyak) serta bisa membantu menurunkan kadar kortisol yang secara langsung berpengaruh dalam mengurangi jumlah lemak di perut.

Itulah beberapa minuman sebelum tidur yang dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat perut menjadi lebih rata.

No comments:

Post a Comment