Friday, 30 August 2019

Empal Gentong dan 6 Makanan Khas Cirebon Paling Enak

Tinggal di Indonesia seharusnya membuat kita bersyukur. Karena perbedaan ras, suku bangsa, dan daerah, membuat negara ini kaya akan budaya. Budaya yang berbeda-beda tersebut membuat Indonesia terasa semakin kaya. Salah satu bentuk kekayaan yang tercipta dari perbedaan-perbedaan tersebut adalah kekayaan kuliner.

Sehingga tak mengherankan apabila kita menemukan berbagai macam makanan khas dari Indonesia. Mulai dari soto betawi di Jakarta, sate Madura di Jawa Timur, papeda di Papua, coto makassar dari Sulawesi, hingga empal asam dari Cirebon (Jawa Barat).

Khusus untuk daerah Cirebon, selain makanan khas empal asam yang terkenal gurih dan enak, masih ada banyak kuliner khas Cirebon yang juga tidak kalah nikmat untuk dinikmati, diantaranya adalah:

Empal gentong


Empal gentong
Empal Gentong Khas Cirebon

Empal gentong adalah makanan khas Cirebon yang tidak boleh Anda lewatkan setiap kali berkunjung atau berwisata ke daerah ini.

Di Cirebon, empal gentong sudah menjadi ikon makanan khas dan makanan enak. Sehingga tak mengherankan apabila makanan ini bisa dengan mudah kita temukan di sudut-sudut kota.

Rasa nikmat yang tersaji pada empal gentong tidak hanya berasal dari resep dan bumbu yang digunakan, melainkan tercipta juga karena proses memasaknya yang menggunakan bahan-bahan alami Seperti kayu bakar misalnya.


Nasi jamblang


Tidak seperti kebanyakan kuliner di Indonesia yang biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang, nasi jamblang khas Cirebon justru dibungkus dengan menggunakan daun jati. Selain rasanya yang enak, kuliner nasi jamblang dikenal sebagai salah satu kuliner termurah di Cirebon yang bisa anda nikmati.

Makanan khas ini dilengkapi dengan lauk pauk berupa ayam goreng, tumis cumi hitam, paru goreng, aneka pepes, tahu sayur tempe, perkedel, ikan asin, hingga sate kentang.

Docang


Bagi Anda yang gemar dengan makanan-makanan pedas berkuah dan sayuran segar, jangan lupa mencoba kuliner docang ketika berada di Cirebon. Makanan ini terdiri atas lontong, touge, dan parutan kelapa yang disiram kuah merah, lalu ditambahkan sambal docang, tempe bungkil, dan ditambah dengan beberapa topping seperti daun singkong hingga kerupuk.

Nasi lengko


Di samping empal gentong, nasi jamblang, dan juga docang, kuliner dari Cirebon lainnya yang patut dicicipi dan sangat direkomendasikan adalah nasi lengko. Nasi ini sepintas tampak seperti nasi pecel pada umumnya yang kerap kita jumpai di berbagai wilayah di Indonesia namun ada sesuatu yang membuatnya terasa istimewa.

Makanan ini juga menggunakan kuah bumbu kacang layaknya nasi pecel. Namun saat dicicipi, nasi ini benar-benar nikmat dan enak sekalipun sepintas Terasa seperti nasi pecel. Layaknya nasi pecel, nasi lengko juga di lengkapi dengan daun bawang, toge, irisan timun, hingga potongan tahu dan tempe.

Empal asam


Di samping empal gentong, kuliner yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya adalah empal asam. Sesuai dengan namanya, Ampel asam memiliki cita rasa yang sedikit asam dan segar serta gurih.

Makanan ini menggunakan belimbing wuluh untuk menciptakan rasa asam yang segar. Sehingga, isian yang ada didalamnya berupa daging, irisan jerone, babat, hingga lontong atau kupat terasa sangat nikmat.

Rujak kangkung


Makanan tradisional di Cirebon yang yang segar dan pedas serta enak dijadikan sayur untuk menemani nasi putih adalah rujak kangkung. Sepintas, rujak kangkung ini mirip sekali dengan kuliner khas lombok yang bernama plecing kangkung.

Namun, rujak kangkung tidak menggunakan parutan kelapa layaknya plecing kangkung khas lombok. Makanan ini hanya dibumbui dengan sambal lalu disiram bumbu rujak, hingga membuat makanan ini terasa cukup segera dan enak dinikmati di siang maupun malam hari.

Itulah beberapa kuliner khas Cirebon yang dianggap punya cita rasa paling enak dan nikmat serta harganya cukup terjangkau. Empal gentong, empal asem, nasi lengko, nasi jamblang, hingga rujak kangkung dapat anda jumpai dengan mudah jika berkunjung ke daerah Cirebon Jawa Barat.

No comments:

Post a Comment