Friday, 8 September 2017

Sederhananya Menciptakan Kebahagiaan

Sebagai manusia, tentu sangat banyak hal yang membuat kita tertawa dan menangis. Banyak hal yang bisa membuat kita bahagia meskipun hal tersebut bukanlah sesuatu yang besar. Kebahagiaan itu sebenarnya sederhana banget, kalau kita tidak menuntut banyak hal yang diluar kemampuan kita. Kalau kita tidak menuntut banyak gaya diluar yang kita bisa.



Mungkin dengan hal-hal yang remeh temeh saja kita bisa bahagia dan tersenyum. Ya.. mungkin kejadian seperti melihat anak bermain dan melakukan hal-hal polos lainnya juga bisa membuat seseorang bahagia. Atau bisa jadi diajakin pasangan makan mie ayam atau pecel di pinggir jalan juga bisa menciptakan kebahagiaan.


Hal sederhana yang membuat saya bahagia


Hanya seperti itu saja, sesederhana itu saya bisa bahagia dengan kehidupan ini. Atau ketika saya melihat sesuatu yang lucu dan terlihat unik, saya bisa tersenyum. Ketika saya menemukan situs-situs lucu seperti tahantawa.com saya juga bisa tersenyum karenanya. Maklumlah.. sebagai seorang blogger yang kerjaannya cuma dirumah aja, saya kadang menemukan kebahagiaan ya dari layar komputer. Dari sosial media, dari beranda instagram, dari berita-berita dan juga dari situs-situs lucu kayak gitu.

Meskipun kadang-kadang saya juga bisa sangat spaneng gara-gara gak punya uang sih haha.. namanya juga manusia, ada kalanya jenuh juga melanda. Tapi kalau semua kebutuhan sudah ada, saya anteng aja kalau lagi gak ada saldo direkening kok :P.


Jangan ukur kebahagiaan dengan uang


Tidak semuanya hal yang membuat bahagia itu berhubungan dengan uang dan uang. Meskipun kita membutuhkan uang malah bisa jadi melebihi apapun. Sudah banyak buktinya bahwa bukan hanya uang yang membuat seseorang bahagia. Mereka yang berlimpah uang juga banyak yang mengakhiri hidupnya dengan sia-sia, ya.. semudah itu. Karena mereka tidak bahagia, itulah sebab terbesarnya.

Hidup itu mudah, yang sulit itu gaya hidup


Mudah memang hidup itu, sangat mudah! Asal ada nasi dan lauk kita bisa hidup kok. Entah itu lauk garam atau lauk kecap, semuanya mudah aja dijalani. Tapi kadang tuntutan kehidupan yang membuat seseorang tidak kuat dengan semuanya.

Pengalaman saya baru-baru ini, tentang keinginan saya membeli gorden untuk jendela rumah kontrakan kami. Keinginan saya begitu menggebu-gebu sampai saya nyaris lupa kalau saya punya prioritas utama yaitu persiapan melahirkan adeknya Kinza. Sampai saya ngerasa kesal dengan diri saya sendiri karena saya gak bisa beli itu gordennya.

Padahal nih ya.. saya itu punya gorden pemberian emak saya, dan itu masih sangat layak digunakan. Hanya tinggal dicuci dan setrika aja, udah gitu aja. Saya lupa kalau saya hanya butuh untuk menutup jendela saya agar tidak terlihat dari luar, bukankah itu fungsi utama gorden? Dan saya baru sadar setelah mencuci gorden lama kemudian merapikannya dengan setrika, selesai urusannya. Semudah itu sih ya haha.. dan itu juga saya baru sadar ck...ck..ck..

Jadi... Bahagia itu memang ada karena diciptakan oleh manusianya. Mindsetnya itu memang benar-benar harus dirubah gitulah. Jadi.. biasanya kamu bahagia dengan hal seperti apa?

No comments:

Post a Comment