Saturday, 23 March 2019

Cara Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Memiliki dua anak membuat saya belajar banyak hal tentang mereka. Secara tidak langsung, penyakit-penyakit bayi serta gangguan-gangguan yang dialami oleh mereka hampir saya pahami betul bagaimana cara mencegah dan mengatasinya. Semakin tumbuh dari bayi menjadi balita, menjadi orang tua yang tidak terlalu khawatir dengan hal-hal yang terjadi kepada anak saya tentu saja membuat saya sedikit senang.



Ada banyak sekali gangguan kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak, dari sakit ringan seperti flu, biang keringat, demam, sampai gatal-gatal karena alergi. Nah di artikel kali ini, saya akan membahas tentang biang keringat ya... Alhamdulillah.. anak saya dua-duanya jarang sekali terkena biang keringat. Sebenarnya, apa sih biang keringat itu?

Biang keringat adalah ruam yang menonjol pada permukaan kulit dan biasanya disertai rasa gatal serta rasa panas. Kondisi ini terjadi karena cuaca yang lembab serta panas. Atau kadang biang keringat juga muncul saat anak terkena demam namun mengeluarkan banyak keringat. Kalau orang jawa bilang namanya keringet buntet. 

Tuesday, 19 March 2019

Sekarang, Minum Teh di Rumah Sudah Menjadi Kebiasaan

Jika dahulu suami saya adalah orang yang tidak menyukai hal-hal yang berbau seduh seperti teh, kopi ataupun minuman lainnya. Kini, beliau hampir setiap saat meminta saya membuatkan teh hangat untuknya. Bukan hanya teh hangat saja, kadang teh dingin juga hal yang ia sukai.



Minum teh pun belakangan menjadi kebiasaan baru di rumah kami. Dan sebenarnya, bukan hanya suami saja yang akhirnya menyukai teh, kedua anak sayapun ikut-ikutan minum teh alih-alih minum susu. Hal lucu yang sering mereka lakukan adalah, suka rebutan teh milik ayahnya, seperti orang tua saja hehe.

Lebih suka teh tubruk


Suami saya, lebih menyukai teh tubruk dari pada teh celup meskipun jika dikasih teh celup juga tidak menolak karena sukanya minum teh. Menurut suami, teh tubruk terasa lebih "nendang" dari pada teh celup yang kurang terasa dilidah. Tapi, menurut saya sih sama saja, asalkan teh celupnya dikasih dobel karena saya suka teh yang sedikit pekat.

Thursday, 14 March 2019

Alasan Saya Uninstall Instagram

Awalnya, saya tidak ingin menggunakan Instagram. Namun akhirnya saya gunakan juga Instagram karena profesi saya sebagai seorang blogger yang lebih sering meminta Instagram sebagai nilai plus dari blogger. Baiklah.. akhirnya sayapun membuat akun Instagram, bukan hanya satu tapi 5 haha. Jadinya saat ini saya memiliki akun Instagram sebanyak 5 biji dengan follower rata rata diatas 1000'an.



Sebagai influencer, saya menggunakan instagram sebagai media untuk mencari uang. Namun ternyata, saya lebih sering membuka aplikasi ini untuk melakukan sesuatu yang saya sadari itu gak berguna sama sekali haha. Dari ingin melihat status orang-orang tertentu, artis yang yang pengen saya lihat sampai ngepoin hal-hal yang gak penting dan akhirnya saya melihat jam ga kerasa udah tengah malem aja. Saya capek dengan diri saya sendiri. Mau dapat apa kalau begini terus. Akhirnya.. saya putuskan uninstall Instagram meskipun saya ingin melihat status artis yang sedang naik daun saat ini, mbak Syahrini yang baru menikah, akhirnya saya buka di browser aja dan hal ini efektif banget gak bikin saya ingin klik yang lain-lainnya.

Thursday, 21 February 2019

Ingin Harga Jual Lebih Terjangkau, Yuk Kurangi Biaya Listrik Industri

Dalam sebuah industri, kebutuhan listrik memang menjadi kebutuhan dasar yang tidak bisa dihindari. Berbagai mesin industri untuk mempercepat proses produksi menggunakan tenaga listrik sehingga biaya listrik bisa menjadi biaya yang paling besar. Padahal semakin besar biaya yang dikeluarkan maka semakin tinggi juga harga jual yang harus ditetapkan untuk bisa memberikan laba atau keuntungan. Namun perlu diperhatikan juga daya beli masyarakat agar harga yang ditetapkan masih bisa dijangkau oleh pasar.



Untuk memberikan harga yang lebih terjangkau, mau tak mau beban biaya haruslah dipangkas. Salah satunya adalah dengan mengurangi biaya listrik dengan menggunakan alat penghemat listrik terbaik dan menetapkan beberapa peraturan untuk para sumber daya manusianya. Meski sebagian besar kebutuhan listrik digunakan untuk mesin industri, namun bukan berarti Anda tak bisa mengurangi kebutuhan listrik tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

Sunday, 10 February 2019

Baca Berita Jokowi Ma'ruf Amin, Di Opini.id Aja

Di tahun poitik seperti sekarang ini, sudah pasti media-media cetak maupun media online banyak menampilkan berita-berita politik. Apalagi pesta demokrasi soal pemilihan presiden dan legeslatif hanya tinggal menghitung beberapa minggu saja. Tentunya, sebagai netizen kita harus pandai memilih berita serta tidak gampang terpengaruh begitu saja. Namun meskipun begitu, terkadang komentar dari pendukung masing-masing calon Presiden RI membuat kita yang tidak mendukung berasa panas dan sakit hati. Bukan hanya sekali atau disatu berita saja, melainkan banyak sekali situs-situs berita online yang kadang hanya mendukung salah satu presiden sampe yang kadang sangat keterlaluan.



Sementara itu, membaca berita politik juga menurut saya sangat penting mengingat kita adalah salah satu warga negara Indonesia yang memiliki hak pikih nanti saat oemungutan suara yaitu 17 April nanti. Nah, sedikit manfaat dari membaca berita politik yang perlu kamu tahu adalah.

Jokowi Ma'ruf Amin adalah salah satu calon presiden dan wakil presiden dengan nomer urut 01. Pak Jokowi sendiri sekarang menjabat sebagai presiden RI dan mengikuti kompetisi pemilihan Presiden ini untuk periode keduanya, jika terpilih. Sedangkan Kiai Haji Ma'ruf Amin adalah salah satu ulama' besar yang mendampinginya menjadi wakil presiden menggantikan posisi pak Jusuf Kalla. Dan semua informasi ini, tidak pernah saya tahu jika saya tidak membaca berita politik.

Friday, 8 February 2019

4 Best Business Books for You

For a young and newbie entrepreneur, some business books may help to grow your business. Not only grow big, you can also become a successful entrepreneur because some popular self-help books will motivate you well.



If now you’re searching for a best entrepreneur book, this list will help you out. Let’s find out!

The Millionaire Fastlane by MJ DeMarco

MJ DeMarco’s storytelling is really excellent and explains more about business mindset. Actually, the idea in this book isn’t to come up with a 100% unique and new idea. MJ improves it and makes it better. So, this book will help shift the way you think and creating a good mindset of an entrepreneur.

Sunday, 3 February 2019

Mau Penghasilan Tambahan? Kerja Part Time aja

Sejak masih kecil, saya menyukai dunia menulis. Awalnya saya hanya memiliki satu buah buku diary sewaktu kecil, menulis apa saja yang saya alami saat itu. Dan hal ini terus berlanjut hingga saya bekerja di Surabaya saya tetap menyukai tulis menulis meskipun hanya curhatan receh. Bagi saya, menulis adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Hingga saya mengenal komputer dan akhirnya memiliki sebuah blog untuk menulis. Sebenarnya, artikel ini bukan menceritakan bagaimana awalnya saya menjadi seorang blogger karena menulis, karena setelah itu.. menulislah yang membawa saya mendapatkan penghasilan dari sana.



Kerja part time sebagai blogger, mungkin bisa dibilang seperti itu ya.. Sejak saya menikah, saya tidak pernah bekerja diluar rumah. Meskipun pernah rehat beberapa waktu karena terkendala koneksi, akhirnya saya kembali lagi menjadi blogger. Saya pikir menjadi ibu juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi freelancer sebagai penulis misalnya. Mungkin berbeda dengan yang dahulu, sekarang sudah banyak sekali situs-situs yang membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan part time sebagai freelancer seperti fastwork.id.

Thursday, 24 January 2019

Yakin Ingin Belanja Bulanan di Akhir Pekan? Pertimbangkan Hal Ini

Akhir pekan seringkali dipilih oleh banyak orang untuk melakukan berbagai aktivitasi diluar rutinitas sehari-harinya. Karena, seringkali banyak orang beraktivitas di hari-hari kerja sehingga membuatnya tidak dapat melakukan berbagai aktivitas di luar pekerjaannya. Salah satunya yakni melakukan aktivitas belanja bulanan yang rutin dilakukan oleh banyak orang setiap bulannya.
Belanja bulanan seringkali dilakukan di akhir pekan oleh banyak orang. Meskipun merupakan suatu kewajaran, mengingat banyak orang yang berbelanja bulanan bekerja di hari kerja, namun berbelanja di akhir pekan bukanlah hal yang dianjurkan. Mengapa demikian? Berikut beberapa alasan mengapa sebaiknya kamu mempertimbangkan kembali untuk berbelanja bulanan di akhir pekan.


Dipadati oleh pekerja kantoran


Berbelanja bulanan di akhir pekan tidak dianjurkan karena seringkali pusat perbelanjaan dipenuhi oleh para pekerja kantoran yang ingin berbelanja. Ya, bukan rahasia lagi jika mayoritas orang di Indonesia bekerja sebagai pekerja kantoran yang bekerja selama hari kerja. Ketika akhir pekan tiba, maka mayoritas orang Indonesia akan menghabiskannya untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk berbelanja bulanan. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin berdesakan saat berbelanja, hindari belanja bulanan pada akhir pekan setiap bulannya.

Tuesday, 15 January 2019

Apa yang harus Dilakukan Saat Pabrik Pertama Kali Membeli Genset Baru?

Pembangkit listrik menjadi salah satu perangkat yang harus dimiliki oleh pabrik maupun perusahaan skala menengah hingga besar. Jika hanya mengandalkan layanan dari PLN, maka kebutuhan daya tidak akan tercukupi dan biaya operasional menjadi membengkak. Untuk memperlancar aktivitas kerja, penggunaan genset menjadi solusi tepat. Banyak pilihan daya yang disediakan, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Faktanya, memiliki pembangkit listrik sendiri juga harus memperhatikan perawatan agar aset tersebut tidak gampang rusak. Jika tenaga ahli dalam bidang kelistrikan belum dimiliki, serahkan saja urusan tersebut pada jasa service genset Sewatama.



Pabrik yang baru saja memiliki pembangkit listrik, tidak bisa langsung digunakan. Harus dilakukan pengecekan dulu supaya kerja mesin berjalan maksimal. Agar penyediaan daya tidak tersendat, pemilik pabrik bisa rental Loadbank di sewa genset kalimantan. Perangkat tersebut mampu memberikan pasokan sesuai dengan kebutuhan sehingga kerja mesin tidak terlalu berat. Daripada ribet melakukan pengecekan sendiri, akan lebih efisien jika menggunakan jasa Sewatama. Tenaga yang profesional dalam bidang kelistrikan siap memberikan servis maksimal dan pelayanan selama 24 jam nonstop.

Sunday, 13 January 2019

Kreasi Masakan Mie Rebus yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

Sebagai pencinta dan penggemar mie rebus, saya dan suami kadang membuat mie rebus sendiri.  Alih-alih ingin merasakan cita rasa yang berbeda dari mie rebus yang sudah ada di pasaran,  saya juga ingin memberikan makanan yang sehat dengan membuatnya dirumah sendiri. Biasanya, saya membeli mie kemudian membuatnya dengan bumbu masakan ala rumah.  Namun ternyata,  suami lebih memilih mie instan yang dijual di pasaran. Memang, rasanya tidak tentu kalau dibandingkan dengan rasa mie instan dengan supermarket  warung terdekat. Ya.. itu karena saya belum memiliki resep pasti mie rebus rumahan.

Mie rebus


Ngomong-ngomong soal mie ini, bagi kamu yang bosan membuat mie rebus dengan rasa yang itu-itu saja,  saya akan membagikan beberapa kreasi masakan mie rebus yang bakal bikin kamu ketagihan.

 Mie yang diolah menggunakan saus sambal

Mie rebus selalu dicintai oleh siapa saja karena masakan pasta ini memang tergolong mudah dan memiliki citarasa yang unik.  Apa lagi jika dimasak sesuai dan cocok dengan lidah,  pasti semua orang akan menggilai mie rebus buatan sendiri.  Olahan masakan mie rebus dengan menggunakan saus sambal  ini sebenarnya sangat mudah. 

Saturday, 12 January 2019

Bunda, Ternyata Begini Cara Menyusui Bayi yang Benar

Sebagai seorang ibu dengan 2 orang anak yang masih balita, aktifitas menyusui tentu masih saya lakukan hingga saat ini. Saya  memiliki pengalaman menyusui bayi yang begitu banyak karena kedua anak saya tidak ada yang menggunakan susu formula sejak lahir. Menyusui adalah proses dimana Ibu memberikan makanan kepada bayi  mulai dari baru lahir dengan ASI yang ia miliki. Perlu diketahui, air susu ibu (ASI) mengandung lebih dari 200 nutrisi yang lengkap dalam memenuhi kebutuhan bayi baru lahir dan selama 6 bulan ke depan.  Itu Mengapa kita dianjurkan memberikan hanya ASI saja hingga 6 bulan pertama bayi. Karena begitu banyaknya manfaat yang didapatkan. Selain itu, menyusui juga bisa merekatkan hubungan antara ibu dan anak.



Menyusui Bayi baru lahir hingga mereka berumur 2 tahun menurut saya adalah aktifitas yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Banyak sekali pengalaman yang begitu berharga dari aktiftas ini.  Terbukti memang, anak-anak yang menyusu ibunya lebih terlihat jauh dari penyakit, dan saya telah membuktikannya. Meskipun pernah sakit, sakit yang mereka derita hanyalah flu ataupun batuk ringan. Dan itupun bisa disembuhkan dengan ASI.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, menyusui sendiri sebenarnya memberikan manfaat kesehatan yang begitu banyak diantaranya mampu menekan resiko obesitas, asma, infeksi telinga, diabetes, bahkan diare pada anak yang biasanya sering ditimbulkan oleh susu formula. Dan yang pasti Asi juga mampu membuat cerdas anak-anak.

Mungkin saat ini kamu adalah salah satu Ibu baru yang sedang bingung memikirkan, gimana sih cara menyusui bayi yang baik dan benar. Oh ya.. sebelum itu, pastikan dahulu saat menyusui pastikan tangan anda terbebas dari kotoran dengan mencuci tangan terlebih dahulu ya Bunda...

Dan berikut adalah beberapa cara menyusui bayi yang benar agar ibu dan bayi merasa sangat nyaman:

Pastikan ibu dan bayi dalam kondisi yang santai 


Sebelum Bunda menyusui bayi pastikan untuk meletakkan posisi tubuh bunda secara nyaman di kursi ataupun di tempat tidur.  Setelah itu, buatlah posisi kepala bayi lebih tinggi dibandingkan badannya. Tujuannya tentu saja agar bayi mudah menelan ASI saat melakukan proses penyusuan.  Caranya Ibu bisa mengganjal kepala bayi  dengan bantal atau menyangga kepala bayi dengan tangan Bunda.  Menurut KIA menyejajarkan hidung bayi dengan puting susu adalah cara terbaik  agar bayi membuka mulutnya.

Perlekatan yang benar


Pastikan mulut bayi terbuka lebar dan masukkan seluruh bagian bibirnya ke areola agar memudahkan bayi menghisap ASI dengan sempurna. Tandanya  bayi menyusu dengan baik dan benar adalah tidak ada rasa sakit yang ditimbulkan dari proses menyusui tersebut. Biasanya jika posisi mulut tidak benar, puting terasa sakit.

Hal lain yang perlu bunda baru ketahui adalah jangan sampai mudah lelah untuk mencoba memberikan ASI pertama Bunda kepada bayi di hari-hari pertama Ia lahir. Karena dua sampai tiga hari pertama biasanya bayi baru menyesuaikan dan belajar menyusu kepada ibunya. Hal ini membutuhkan waktu lebih untuk menyesuaikan dengan kondisi bayi. Mintalah suami dan orang-orang yang berada dirumah untuk mendukung proses menyusui hingga sang bayi merasa nyaman dan bisa menyusu dengan benar.

Thursday, 10 January 2019

Aksesoris Handphone Mahal yang Justru Bikin Saya Jadi Lebih Hemat

Sebagai seorang ibu rumah tangga, sudah menjadi kewajiban saya untuk pandai-pandai mengatur keuangan agar kami bisa mempersiapkan masa depan keluarga. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran sehingga akan lebih banyak uang yang bisa kita tabung atau kita investasikan.



Bagi saya, selain dengan membeli berbagai peralatan elektronik yang berkualitas dan tahan lama serta hemat energi, saya juga selalu berusaha untuk membuat berbagai perabotan hingga gadget berkualitas yang dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak. Berbicara soal gadget, handphone adalah satu dari sekian gadget yang hampir bisa dipastikan akan dimiliki oleh satu atau dua orang dalam satu keluarga. Biasanya yang punya adalah ibu dan bapak. Bagi mereka yang sudah punya anak usia SMP atau SMA, atau mungkin yang lebih tua dari itu, mereka juga biasanya akan dibekali handphone.

Aksesoris handphone yang lucu-lucu kadang membuat kita juga pasti tertarik untuk beli berbagai macam aksesorisnya bukan? Nah, walaupun sebagian besar aksesoris handphone bertujuan untuk membuat handphone jadi lebih berguna dan terlihat lebih gaya. Namun di samping itu, aksesoris juga sangat bermanfaat untuk melindungi handphone itu sendiri agar tidak mudah terjatuh dan rusak. Sehingga, kita bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lebih lama. Semakin lama jangka waktu penggunaan gadget tersebut, maka hampir bisa dipastikan jika semakin sedikit uang yang akan kita keluarkan untuk membeli handphone baru.