Thursday, 26 January 2017

Obat Anti Alergi yang Biasa Direkomendasikan oleh Dokter Alergi Anak  

Menjadi orang tua memang kita harus selalu mewaspadai hal-hal yang belum pernah kita alami sebelumnya. Banyak peristiwa baru yang akan terjadi jika kita tengah memiliki seorang anak. Dan salah satu dari sekian banyak hal tersebut adalah alergi.

Saat anak mengalami tanda dan gejala reaksi alergi, penanganan tingkat lanjut setelah menjauhkan allergen dari anak adalah membawanya ke dokter alergi anak sebagai upaya medis yang harus dilakukan. Selain akan melihat perkembangan dan sejarah reaksi alergi, penanganan medis alergi juga dibutuhkan untuk mengendalikan gejala dan tanda yang muncul akibat reaksi alergi.



Umumnya dokter akan melakukan beberapa tahapan tes sekaligus memberikan obat anti alergi yang akan membantu anak mengatasi gangguan kesehatan yang dialaminya akibat reaksi alergi yang dideritanya. Beberapa jenis obat-obatan medis yang umum digunakan dalam menangani masalah alergi di antaranya adalah:

1. Antihistamine


Obat ini akan menghambat efek histamine yang menyebabkan alergi seperti sesak napas, hidung tersumbat dan mata berair. Antihistamine terdapat dalam bentuk tablet, sirup, krim, tetes mata dan semprotan hidung.

2. Decongestant


Obat alergi ini terdapat dalam bentuk tablet, kapsul, obat tetes mata dan semprot hidung. Decongestant berfungsi untuk melegakan hidung tersumbat akibat alergi dan jenis penyakit lainnya.

3. Penghambat reaksi leukotriena


Leukotriena merupakan senyawa yang menyebabkan pembengkakan saluran pernapasan saat alergi. Obat ini berfungsi untuk menghambat efek dari leukotriena dan umumnya terdapat dalam bentuk tablet. Jenis tablet obat ini di antaranya monteleukast dan zafirlukast.

4. Penanganan Anafilaksis (kematian mendadak)


Serangan anafilaksis dapat diobati dengan suntikan epinefrin yang bisa dibawa secara bebas sesuai resep dokter. Anda juga bisa ditandai dengan gelang penanda alergi supaya jika reaksi anafilaksis terjadi, orang-orang akan tahu penyebabnya dan bisa mengambil tindakan yang tepat untuk Anda.

5. Obat semprot corticosteroid


Obat ini efektif untuk penanganan radang pada dinding hidung dan saluran pernapasan, terutama hidung tersumbat.

Selain obat-obatan di atas, upayakan untuk sejauh mungkin menghindari allergen. Umumnya untuk alergi susu sapi pada anak, dokter alergi akan menyarankan untuk menghentikan konsumsi susu sapi dan merekomendasikan konsumsi susu pengganti yang berasal dari protein nabati seperti susu soya/kedelai serta memberitahu untuk kenali alergi pada anak anda. Susu SGM Soya sering direkomendasikan dokter alergi pada anak yang menderita alergi susu, karena kandungan isolat kedelainya adalah jenis protein yang aman untuk tubuh dan baik untuk nutrisi tumbuh kembang anak.


Monday, 23 January 2017

5 Minuman Sebelum Tidur yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Menurut ahli kesehatan, kalau mau langsing kita dianjurkan untuk tidak makan terlalu banyak sumber kalori di malam hari. Atau dengan kata lain, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran saja.

Tapi kebiasaannya, seperti rata-rata masyarakat Indonesia lainnya, kita cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori seperti nasi, nasi goreng, mie instant, dll.

Kebiasaan begadang di malam hari juga adalah salah satu pemicu mengapa berat badan mudah naik. Karena ketika malam dan cuaca dingin, perut cenderung lebih mudah lapar sehingga memaksa kita makan lebih banyak makan atau mengkonsumsi cemilan.



Kabar baiknya, ada beberapa jenis minuman yang kadang-kadang kita konsumsi sebelum tidur yang ternyata tanpa kita sadari bisa membantu menurunkan berat badan. Apa saja minuman tersebut? Berikut diantaranya.

Saturday, 21 January 2017

Ekspresi Mereka Tentang Kehamilan

Kehamilan adalah hal yang paling saya tunggu akhir-akhir ini, menunggu kehamilan memang sangat mendebarkan. Tapi, ada hal yang wajib saya syukuri, bahwa gak sampai satu bulan akhirnya Allah percayakan juga kehamilan kedua untuk saya, Alhamdulillah.. Kinza akhirnya akan punya adik, semoga dilancarkan dan dimudahkan kehamilan ke dua ini.



Ada banyak sekali cara pasangan mengekspresikan kehamilan mereka dengan cara yang paling diinginkan. Waktu hamil Kinza dulu, saya bahkan sama sekali tidak pernah mengabadikan kehamilan saya. Entahlah, mungkin karena gak kepikiran, gak mood atau memang saking syok-nya tau kalau hamil jadi ambil foto terlupakan gitu aja. Bukannya gak special, malah special banget :D. Dan kemaren, saya coba ngasih tau beberapa teman dan keluarga tentang kehamilan saya disaat usia Kinza sudah 2,8 tahun.

Bersyukur


Orang yang pertama tau tentu aja suami ya, terus pas dijenguk sama emak, emak sama bapak yang saya kasih tau. Awal kehamilan itu saya sakit lumayan lama, saya gak tau kalau itu tanda kehamilan karena ada mahkluk baru salam rahim. Emak dan bapak gak bully saya ya.. beliau bilang

"Iyo, nduk.. mumpung masih muda"

Dan disambung sama bapak, "Punya anak aja banyak-banyak" :)).

Bapak memang tipe orang yang suka banyak anak, berhubung saya memang udah niat pake banget mau punya anak lagi, tentu aja dukungan seperti ini menambah semangat saya melupakan sakitnya saat kontraksi akan melahirkan hihi.

Kaget dan heran


Terus, ada lagi yang lucu nih.. Sama bibik saya sebelumnya saya sudah bilang waktu dia habis melahirkan anak yang lucu dan gendut beberapa bulan lalu.

"Nanti tak susulin, Te"

Dan pas kemaren saya kasih tau kalau saya hamil lagi, dia bilang Astagfirullah.. wkwkwkkww... Lah kenapa malah Istigfar? Trus katanya dia kaget, ya maksudnya nyusul gak secepat itu, katanya.. Lha wong saya juga pengen nimang bayi lagi gimana donk :D.

Kepengen 


Ada lagi, paman saya ini anaknya sudah 7 tahun lebih, sudah sekolah dan kepengennya dia punya anak lagi. Tapi istrinya belum siap dan belum mau buat lepas KB-nya. Pas saya tanya, katanya masih terbayang-bayang sakitnya melahirkan. Si suami kayaknya kepengen gitu saya lihat dari kata-katanya

"Nah buk.. Ibu ini memang susah kok"

Dan.. dan.. dan... akhirnya saya ngerasa bersalah juga dengan suasana pagi hari dirumah paman saya haha.

Bagaimana dengan tetangga

Entah kenapa mereka tau, padahal saya gak ngasih tau sebelumnya. Mungkin dari pengalaman yang sudah hamil berkali-kali, para tetangga akhirnya tau juga kalau saya sedang hamil muda. Mungkin pas saya sakit berhari-hari itu mereka taunya. Awalnya mereka melarang saya hamil lagi, eh pas tau saya hamil, mereka dukung :)). Entahlah.. apa yang dibicarakan dibelakang saya, kembali lagi saya gak akan peduli lah, wong saya gak minta ngurusin anak saya sama mereka. Tapi gak bleh suudhon juga ya... semoga mereka juga mendukung hihi.

Sebenarnya, yang paling saya butuhkan ya dukungan dan kasih sayang suami sih, dan taraaa... suami akhir-akhir ini mulai banyak bantuin saya nyuci piring, bersih-bersih dan nurutin semua yang saya mau. Duh seneng pokoknya kalau hamil gini, makin disayang hahaha.. semoga Allah memberi kalancaran dan kemudahan dalam kehamilan ke dua ini, Aamiin.. InsyaAllah..

Wednesday, 18 January 2017

Jaga Kesehatan Gusi dan Gigi dengan 5 Vitamin Ini

Kesehatan gigi dan gusi kadang menjadi salah satu hal yang sering disepelekan oleh sebagian orang. Mungkin karena kebiasaan diwaktu kecil yang jarang menggosok gigi. Jarang membiasakan anak untuk menjaga kesehatannya sendiri, jadi setelah tumbuh besar, kebiasaan itu terus terulang. Padahal, Gusi yang sehat tidak hanya akan membuat senyum kita semakin indah, melainkan juga menunjukkan bahwa mulut kita sehat secara keseluruhan. Seperti yang umumnya kita tahu, mulut merupakan pintu gerbang tubuh kita. Apabila mulut tidak sehat, maka kemungkinan besar tubuh pun akan sering sakit. Sebaliknya, apabila kesehatan mulut terjaga, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan pun akan ikut terjaga.



Oleh sebab itu, menjaga dan merawat kesehatan mulut sangat penting untuk dilakukan. Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, kita harus memenuhi kebutuhan nutrisi. Vitamin bisa membantu melawan berbagai penyakit di dalam tubuh dan bisa membantu memperkuat imun tubuh agar dapat melawan berbagai benda asing seperti virus, bakteri, dan lain-lain yang akan menyerang.

Sebaliknya, kekurangan vitamin bisa menyebabkan gangguan gangguan kesehatan dan menyebabkan benda benda asing seperti virus maupun bakteri lebih mudah menyerang. Khusus untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, ada beberapa vitamin atau nutrisi yang sangat dibutuhkan. Apa saja vitamin tersebut? Berikut diantaranya.

Vitamin A


Vitamin A memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan gusi dan mulut terutama dalam menjaga jaringan ikat agar tetap sehat. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk membentuk tulang lunak yang hadir di dalam gusi. Vitamin A secara khusus dapat membuat gusi menjadi lebih sehat dan membantu mempertahankan aliran saliva di dalam mulut.

Beberapa sumber vitamin A yang bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita diantaranya adalah: berbagai jenis sayuran berdaun hijau, wortel, ubi jalar, minyak ikan, dan berbagai jenis buah musiman seperti buah mangga.

Vitamin B1


Apa peran vitamin B untuk menjaga kesehatan mulut?

Vitamin B secara khusus bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Namun secara khusus, vitamin B berfungsi untuk mengurangi peradangan pada lidah dan membuat mulut kita bebas dari sariawan.

Karena kekurangan vitamin B seringkali menyebabkan seseorang mengalami luka atau iritasi pada mulut yang dianggap sebagai sariawan. Jadi, selain memenuhi kebutuhan vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan luka saat sariawan, kita juga membutuhkan vitamin B. Umumnya, vitamin B bisa ditemukan di makanan-makanan berikut ini: biji-bijian, daging, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin C


Vitamin C bisa membantu memperkuat gusi dan membuat mulut bebas dari serangan bakteri. Namun selain itu, vitamin C seperti yang telah disebutkan di atas juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan mulut mudah mengalami peradangan. Dan, gusi juga akan mudah mengalami pendarahan.

Di antara sumber-sumber vitamin C yang mudah kita temukan antara lain: berbagai jenis buah-buahan mulai dari buah strawberry, buah mangga, buah jeruk, buah jambu, paprika, dan buah-buah musiman lainnya seperti buah rambutan, buah durian, hingga buah melon.

Vitamin D


Vitamin D bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium. Ini adalah elemen penting yang akan membantu kita menjaga kesehatan tulang dan gigi. Memenuhi kebutuhan vitamin D harian akan membuat kita memiliki gigi yang kuat dan bebas dari resiko ginggivitis. Sumber-sumber makanan yang banyak mengandung vitamin D diantaranya adalah: ikan, susu dan berbagai produk susu, serta telur. Vitamin D juga umum kita dapatkan dari sinar matahari pagi hingga pukul 10.00.

Vitamin K


Manfaat vitamin K yang utama adalah untuk membantu membekukan darah. Itulah sebabnya mengapa vitamin K disebut sebagai clothing factor dalam istilah asing. Menurut ahli kesehatan, apabila kita mengalami kekurangan vitamin K, kita akan sering mengalami gusi berdarah dan mengalami kesehatan mulut yang buruk.

Agar tidak kekurangan vitamin K, sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi beberapa makanan sumber vitamin K berikut ini: Kedelai dan berbagai produk yang terbuat dari kedelai seperti tahu maupun tempe, dan sayuran berdaun hijau.

Friday, 6 January 2017

Resep - Semur Jengkol, Bau tapi Ngangenin

Makanan apa sih yang gak enak buat saya, saya pikir semua makanan saya mau dan masuk aja kedalam perut. Makanan mentah, makanan bau apalagi makanan yang enak haha. Sebenarnya, suami saya juga heran, biasanya saya makan makanan yang orang bahkan nyium aja gak mau #Tsah.. Maklumlah, Doi gak suka bau-bau yang menyengat seperti jengkol atau pete. Apalagi pete yang ada ulatnya, bisa didiemin saya gara-gara itu haha.

Semur Jengkol buatan Mrs. Jo ;)
Jengkol sendiri sebenernya enak banget kalo ngolahnya bener meskipun akan menimbulkan bau yang sungguh luar biasa saat ke kamar mandi. Belum lagi, bau di mulut yang gak ilang-ilang, rasanya nempel ditenggorokan gak mau luntur. Nah jika kebetulan kamu juga pengen ngrasaian gimana itu Jengkol apalagi dibikin semur, saya buatin resepnya ala saya yang enak banget, pedes nyes nyes gimana gitu. Asal tau aja, foto diatas itu porsi terakhir semur jengkol yang saya bikin sejak 3 hari yang lalu haha. Oke.. kita cus ke resep yuk..