Tuesday, 27 December 2016

3 Cara Mudah Membersihkan Tirai Tanpa Jasa Laundry

Sebagai ibu rumah tangga, tentu kita pasti memperhatikan hal-hal kecil yang ada didalam rumah pastinya ya. Dari penempatan sampai sesi kebersihan, semuanya tergantung ibu rumah tangga. Dan yang gak pernah luput dari perhatian seorang wanita untuk rumahnya adalah tirai. Tirai bukan hanya menjaga privasi isi rumah kita dari luar, tirai juga bisa menjadi pelengkap dekorasi rumah menjadi cantik. Namun, menggunakan tirai perlu perhatian yang khusus untuk merawatnya sebab tirai cenderung menyerap bau yang berasal dari dalam rumah seperti asap rokok hingga bau yang berasal dari dapur. Oleh karena itu, jika dirumah kita menggunakan tirai, kita harus ekstra untuk merawatnya.

Selain untuk privacy, Tirai juga sebagai penghias rumah yang sangat penting


Merawat tirai sebenarnya mudah, pastikan debu tidak menempel di tirai selama berbulan-bulan. Pastikan untuk membersihkan tirai dalam kurun waktu 3 bulan sekali agar tirai tetap bersih dan selalu dalam kondisi yang baik. Berikut ini cara mudah membersihkan tirai yang bisa kita lakukan sendiri dirumah tanpa perlu jasa laundry.

Sunday, 25 December 2016

Hikmah - Belajar Membiasakan Hal Baik

Kemaren, si Mas ngajakin saya bertemu dengan sahabatnya saat ia masih sekolah di Tebu Ireng. Awalnya mas Joo ragu-ragu mau dateng,

"Dateng gak dek?" Katanya, padahal udah ngasih tau kalau mau ngajakin saya dan Kinza buat ketemu sama temennya.

Kinza dan sahabat Abi-nya


"Lhoh gimana sih, kan mas yang pegang kendali, malah ragu sendiri" kata saya. Ya sudah akhirnya kami berangkat ke Tebu Ireng buat jumpa sama sahabatnya. Ada banyak hal yang saya pelajari disetiap pertemuan saya dengan orang-orang baru. Dari sosok orang baru sampai lingkungan yang saya datangi hingga kejadian-kejadian menarik yang gak bisa dilewatkan begitu saja. Saya, mempelajari semua dengan pikiran sederhana dan evaluasi diri untuk jadi lebih baik.


Si Anak sadar Sampah


Ya.. jangan sebut ini sesuatu yang jelek ya, anak sahabat suami saya ternyata peduli banget sama sampah. Badannya yang tambun dan murah senyum ini namanya Faruq. Beberapa kali bermain sama Kinza dan Kinza sendiri adalah anak yang supel -mungkin seperti saya haha- akhirnya mereka bermain sebentar. Usia Faruq mungkin sekitar 6-7 tahunan gitu. Kesadarannya akan sampah membuat saya belajar buat membiasakan anak-anak untuk selalu membuang sampah ditempatnya. Faruq mengambil sampah yang dibuang oleh tangan tak bertanggung jawab di dalam Masjid Terbuka depan SMP Tebu Ireng. Meski kata Bundanya Faruq adalah anak yang paling cuek dari ketiga saudaranya dalam urusan kebersihan, ternyata pengaruh keluarga di dalam rumah sangat menentukan sikap anak-anak diluar rumah.

Sesamai di rumah, saya sedikit malu dengan diri saya sendiri yang kurang perhatian dengan kerapian, akhirnya.. saya mulai peduli dengan barang-barang kecil yang membuat berantakan.

Budaya Antri, hal yang sulit diterapkan


Saya membayangkan ketika saya punya anak kecil dan kebelet pipis tapi gak ada yang mau ngalah saat di tempat umum. Jadi ceritanya kemaren saya mengalami hal ini. Hampir setengah jam saya antri di depan kamar mandi gara-gara diserobot beberapa kali. Kemudian hal lain yang membuat saya kagum dengan sangat berpengaruhnya kebiasaan kecil tentang toleransi ketika ada anak kecil usia sekitar 4 tahunan yang lagi kebelet pipis, gak dikasih kesempatan untuk masuk duluan. Ada 3 pintu kamar mandi disana, dan miris, para ibu-ibu itu bener-bener kayak gak pernah punya anak kecil.

Saya sendiri ngawasin dan senyum-senyum gak jelas. Jelas-jelas sekali budaya nyrobot antrian orang ini memang bisa dibilang tindakan gak punya malu. Istilahnya, mengambil bagian orang lain tanpa izin dan hanya kesadaran diri yang bisa membuatnya berubah. Kesabaran seolah gak bisa ditahan! kalau ngomongin kebutuhan, tentu saja semua orang butuh, saya malah mikirnya.. Orang-orang seperti ini akan menimbulkan banyak perdebatan dan bisa bikin berantem.

Membiasakan hal baik sejak sangat dini


Dari sana, ada keinginan kuat dalam diri saya untuk membuat anak saya tidak seperti mereka ketika dewasa. Toleransi dan mendahulukan hak orang lain, mendahulukan yang seharunya memang harus duluan serta bersikap sabar dan mengerti keadaan orang lain itu sangat penting. Empati dalam diri memang benar-benar harus dibentuk sejak sebelum ia bisa membaca dan kenal huruf. Budi pekerti dan akhlaklah yang utama, bukan yang lain.

Friday, 16 December 2016

Cara Mudah Membuat Susu Kedelai

Bisa dibilang, susu kedelai dan keluarga kecil Mr. Jooizzy adalah penyuka sari kedelai. Saya dan Kinza anak kami terutama, suka sekali minum susu kedelai. Rasanya yang gurih dan khas membuat Kinza kadang selalu minta uang buat beli susu kedelai di tetangga dekat rumah.

"Um.. Bili cucu lele..."

Logatnya yang lucu minta uang buat beli susu kedelai haha.. Sementara saat ini, saya sedang program hamil kembali, suami minta saya banyak mengkonsumsi susu, sayuran serta mengurangi makanan instant. Susu kedelai juga disuruhnya minum banyak-banyak. Baru mulai program hamil lagi, semoga Allah memberi amanah kembali, apapun jenis kelaminnya, cewek lebih mau haha, ini pasrah apa ngarep ya. :D

 


Saturday, 3 December 2016

Tampil Gaya dengan Batik? Siapa Takut

Batik, yang merupakan produk asli milik Indonesia ini memang belakang menjadi salah satu fashion yang sudah banyak digadrungi oleh berbagai kalangan. Bukan hanya orang atas saja yang mengenakan batik, bukan hanya pegawai negeri dan abdi negara, tapi kalangan bawah pun kini sudah menggunakan batik sebagai fashion favorit sehari-hari.

Galeri Batik Indonesia image from blibli.com


Dahulu, saya adalah orang yang paling males pakai batik karena model dan gayanya yang begitu-begitu saja. Saya menganggap batik adalah pakaian yang terlalu resmi buat saya yang bukan orang kantoran atau semacamnya. Ternyata, anggapan saya selama ini tentang batik hanya karena saya belum tahu saja, bahwa orang Indonesia harus bangga pakai batik. Karena dengan memakai batik, merupakan bukti cinta kita kepada tanah air dengan setidaknya memiliki dan membeli Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia ini.

Sejarah batik


Batik, sejak 2 Oktober 2009 telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Kata batik berasal dari bahasa jawa “tik” yang memiliki makna matik atau membuat titik yang kemudian menjadi kata Batik. Batik juga menjadi salah satu kerajinan yang mempunyai tingkat nilai seni yang tinggi dan menjadi salah satu budaya yang dimiliki Indonesia.

Friday, 2 December 2016

Cara Membuat Brownies Kukus, Murah dan Mudah

Semenjak ada di Jawa, saya kerap sekali membuat cemilan ala kadarnya dirumah dengan bahan dan peralatan seadanya. Bermodal koneksi internet, saya mencoba membuat sesuatu yang pengen saya makan, tanpa beli. Ya.. itung-itung menghemat uang jajan dan melatih diri untuk bisa bikin apa saja. Selama bahannya mudah dicari dan tidak membutuhkan banyak waktu, saya akan praktek membuat kue rumahan ini.



Awalnya, saya bahkan gak ngerti apa itu baking soda, fermipan, baking powder dan bahan-bahan membuat kue lainnya. Namun lama kelamaan, saya bahkan gak pernah kosong untuk nyediain barang-barang untuk membuat kue seperti tepung terigu, mentega, meses, keju, pewarna makanan, vanili dan lain-lainnya. Bahkan kotak dan plastik untuk membungkuspun saya punya lengkap. Ya.. lengkap-lengkap ala ibu rumah tangga baru lah haha. Bagaimana dengan cetakan kue, saya punya banyak ukuran dan bahan ^_^.