Friday, 28 October 2016

Pudding Jagung, Makanan Murah, Enak dan Bergizi

Alhamdulillah.. ketemu lagi dengan hari jum'at, semoga hari ini kembali membawa banyak keberkahan untuk kita semua ya. Di Mrsjo.Com hari jum'at waktunya share tentang resep masakan sederhana yang sudah saya buat untuk Kinza dan Abinya, mas Jo :D.

Jadi, ceritanya waktu itu saya jalan-jalan di blog salah satu teman blogger yang baru saya kenal. Dan gak sengaja saya baca resep pudding jagung yang ada diblognya. Saya jadi inget dulu nenek saya suka membuat bubur dari jagung kalau beliau sedang panen jagung. Bukan jagung manis ya, jagung biasa sama beliau diparutnya. Ennaaakk banget rasanya, jadi kayak kangen gitu lah, akhirnya saya bikin Pudding jagung yang di mix dengan pudding susu yang biasa Kinza sukai.


Manfaat dan Kandungan Jagung

Jagung, menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup penting seain padi dan gandum. Setiap 100 gr, terdapat 365 kalori. Kandungan lengkapnya bisa dilihat dalam tabel ini ya..


Resep Pudding jagung

Sebenarnya, ada banyak sekali makanan yang bisa dibuat dari jagung. Saya sendiri sering membeli nasi jagung yang biasanya lewat didepan rumah. Rasanya yang khas membuat nasi jagung berbeda, apalagi dimakan dengan urap-urap dan ikan asin, hmmm langsung lapar rasanya haha,, Oke, kali ini saya akan kasih resep pudding jagung yang simple ini ya..
  • 3 Buah jagung manis, blender dan saring
  • 1 Sachet agar-agar bubuk tak berwarna
  • Gula, disesuaikan saja, kalau mau manis bisa dikasi 5-6 sendok makan, tergantung selera
  • Sejumput garam
  • Santan dari setengah kelapa, ambil yang kental saja

Cara membuat pudding jagung


Jadi, perhitungannya begitu, kan agar-agar yang ukuran besar butuh 900ml air, dari sana kita ukur blender jagung yang sudah disaring berapa ml, ditambah dengan santan yang sudah diperas. Nah jika jagung blendernya 300 ml, berarti tinggal tambah 600ml untuk santannya. kalau ingin kental dan lebih padat, kurangi santan dan bisa ditambah dengan larutan tepung maizena. Sudah gitu aja, rebus semua bahan sampai mendidih ya...

ini penampakan belakang agar-agarnya ya...

Nah, untuk lapisannya.. saya juga pake agar-agar yang ditambah dengan susu kental manis dan gula. Untuk hasil yang bagus, saat menuang lapisan yang kedua, usahakan lapisan pertama gak terlalu dingin juga gak begitu panas agar ada skatnya. Kemudian untuk lapisan barunya, usahakan dituang dalam keadaan panas agar lapis pudding menempel dengan sempurna. Sudah begitu saja :D.

Jadi, kapan kamu bikin pudding jagung kayak saya? 

Wednesday, 26 October 2016

Catatan Tumbuh Kembang Kinza

Menjadi Ummu Kinza, saya sudah sepatutnya bangga dan bersyukur kepada Allah atas hal tersebut. Anak batita yang sudah berumur 29 bulan ini, bisa saja membuat saya dan Abi-nya tersenyum, saling memandang bangga dan bahagia. Tanggal 18 kemaren, tepat Kinza berusia 29 bulan, sebagai catatan saya, akan saya list kegiatan-kegiatan apa saja yang sudah bisa dilakukan anak berusia 2 tahun 5 bulan ini. Sejak lama saya sudah pengen sekali menulis jurnal tentang Kinza, dan InsyaAllah setiap hari Rabu saya akan mengulas segala tentang Kinza, baik saat dia waktu bayi ataupun tumbuh kembangnya saat ini.


Mungkin, bisa dijadikan acuan untuk putra-putri kita, tumbuh kembangnya sejauh mana dan sudah sepantasnyakah ia melakukan hal-hal demikian atau belum terjadi yang seperti ini. Ya.. sebagai ukuran kasar saja, karena saya juga bukan seorang dokter anak yang tahu betul tentang tumbuh kembang balita 2 tahun. Atau nanti buat saya juga, kalau Kinza udah punya adek, sama atau enggaknya saya akan tau.

Baiklah.. Biar kita sebagai emak-emak rempong yang sayang anak dan ingin mereka tumbuh dengan baik.

Pertama, apa sih tumbuh kembang itu?


Disini, saya tidak akan menggunakan istilah medis yang sulit dimengerti oleh orang awam seperti saya. Kesimpulan dari apa yang saya baca dari website-website terpercaya, Tumbuh kembang balita adalah salah satu bentuk perubahan anak-anak yang memiliki tahapan-tahapan tertentu sesuai umurnya. Seperti umumnya, anak-anak akan bisa melakukan hal tertentu saat ia berusia 1 tahun atau 2 tahun. Kemampuan ini terjadi karena sel-sel didalam tubuh seorang manusia dalam usia pertumbuhannya yang semakin banyak dan tentu saja semakin mengarah ke arah yang lebih baik tentunya ya.

Mengapa harus diabadikan


Bisa saja suatu saat nanti, ia akan membacanya sendiri catatan Ummiya, bagaimana dia menjalani kehidupannya di masa-masa emas, 1000 hari pertama yang belum terlewatkan ataupun kelak masa sekolah dan remajanya. Membayangkan saja saya senang kalau diperlakukan seperti itu hehe.

Dari mana kita mulai


Mari kita mulai dari pembukaan dulu ya.. Selanjutnya.. nantikan artikel Journal Kinza yang bisa kita sebut dengan belajar parenting ini. Jurnal adalah perjalanan yang tertulis, seperti kisah saya di blog jombloku hehe..

Friday, 21 October 2016

Trancam, Makanan Segar Buat Kamu yang Suka Sayur Mentah

Halooo.. ketemu lagi di hari Jum'at yang penuh berkah. Dan seperti biasa, saya akan membagi resep makanan yang biasa saya masak dirumah untuk suami dan Kinza. Makanan sederhana saja, yang murah meriah dan gampang carinya. Beberapa hari yang lalu, Mas Jo meminta saya membuatkan trancam untuknya. Mungkin ia udah bosan dengan sayur bening atau apalah gitu ahahha.. Maklum, kadang si Mas cuma ikut masakan untuk anaknya, biar saya juga gak rempong harus masak banyak untuk satu orang.

Saya sendiri tidak begitu suka dengan makanan yang biasa saya kasih ke Kinza. Mungkin karena makanan tersebut gak pake penyedap rasa, hanya gula dan garam itupun gak banyak. Lidah saya udah kebiasaan penyedap, padahal saya pengen banget makan tanpa penyedap, meski harus berproses, saya coba kurangin. Terlebih untuk Kinza dan Abinya, saya buatin masakan yang menurut saya 'gak enak' untuk mereka. Untungnya, Kinza dan Abinya mau mau aja saya masakin kayak gitu haha.

Ini Trancam sayur, Bukan Trancam bahaya hahaha

Nah.. sekarang gimana tu bikinnya, cus yuk..

Resep dan Bahan Trancam Sayur

Sudah saya katakan, bahan-bahan untuk membuat trancam gampang banget didapatkan. Gak perlu pergi ke pasar, cukup ke tukang sayur depan rumah udah bisa bikin trancam sayur yang wenak tenan. 


  • 1/4 Kelapa muda - Parut dengan textur berdiri, bukan menyamping ya..
  • 1 buah tempe baru - potong dadu kecil, kukus
  • 1 genggam daun kemangi
  • 5 batang kacang panjang
  • 1 buah mentimun segar yang masih sangat muda - cacah acak
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • 1 genggam petai kecil (lamtoro bahasa jawanya hehe)
  • 7 cabe rawit (tergantung suka pedas atau enggak)
  • 1 buah Bawang putih mentah
  • Sejumput Garam
  • Sedikit Gula merah
  • Sedikit asam jawa


Cara membuat trancam yang enak

Caranyaaa.. Gampang banget bikin trancam ini. Haluskan semua bumbu, di uleg aja ya.. jangan diblender haha. Kalau sudah halus bumbu, masukin kelapa, aduk-aduk dengan ulek-ulek tekan pelan pelan aja sambil cek rasanya. Kalau udah tercampur rata, masukkan sayuran, semuanya. Koreksi rasanya lagi, karena biasanya bisa aja rasanya kurang asin setelah dimasukkan sayuran.

Trancam sayur yang mantab sudah jadi, siapkan piringmu dengan segunung nasi dan jangan lupa, tambahkan ikan asin goreng sebagai pendamping. Dijamin, gak bakal inget mertua kalo dah makan ini makanan haha. Si mas langsung makan lahapp banget, secobek abis buat sarapan aja, ya.. terpaksa masak lagi buat masak siang, tau gitu saya bikin banyak banyak wkwkw..

Selamat mencobaaa.. Maaf gak di foto bahan-bahannya, keburu tangan kotor :D. Kira-kira saya cuma habis sekitar Rp.10.000 untuk masakan ini, murah kan?

Tuesday, 18 October 2016

Ini Cara Saya Menerapkan Prinsip Belanja Hemat dan Cermat Bersama ShopBack

Kalau dipikir-pikir, saya ini sering banget ngomongin toko online karena memang salah satu kegemaran saya adalah berbelanja (ma’lum rumah tangga baru). Tapi tentunya bukan hanya asal berbelanja, melainkan saya selalu berusaha memenuhi kebutuhan primer dengan prinsip belanja hemat. Beberapa tahun belakangan ini, selain berbelanja di toko konvensional, saya juga rajin berbelanja di toko online. Dan seringkali, saya merasakan berbelanja di toko online jauh lebih hemat dibandingkan dengan berbelanja di toko konvensional yang bahkan lokasinya sangat dekat dari rumah.

Dari berbagai pengalaman yang saya dapatkan selama berbelanja di banyak tempat, maksud saya di banyak toko online, saya akhirnya menyadari ternyata ada beberapa kriteria dari toko online yang menarik buat saya. Apa saja itu? Berikut diantaranya.

ShopBack Indonesia

Prinsip Belanja Cermat dengan memilih Toko Online Terpercaya dan besar


Apapun iming-iming dari toko online, saya memang terkadang tertarik terutama apabila iming-iming tersebut berupa murah, diskon, voucher, atau yang lainnya. Tapi selalu yang saya kedepankan sebelum memilih sebuah toko online sebagai tempat untuk berbelanja adalah, saya harus tahu apakah toko online tersebut cukup terpercaya atau tidak.

Salah satu cara untuk bisa mengetahui bahwa toko online tersebut cukup terpercaya adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan di Google untuk mengetahui pendapat dan pengalaman orang-orang yang pernah berbelanja di sana. Selain itu, apabila toko online tersebut lumayan besar seperti Zalora, biasanya toko online tersebut 90% bisa dipercaya.



Ya. Walaupun toko online tersebut besar, saya selalu berusaha untuk tidak sepenuhnya percaya sebagai antisipasi agar saya tidak terlalu percaya diri sehingga tetap waspada saat berbelanja.

Ada banyak toko online besar yang bisa dipercaya sebagai tempat berbelanja online dengan harga murah di Indonesia. Salah satunya yang saya tahu adalah Lazada. Toko online ini menjual berbagai perlengkapan fashion untuk kaum muslim mulai dari sepatu atas hingga hijab, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, dan untuk pria maupun untuk wanita. Bahkan mereka juga menjual berbagai keperluan makeup.


Gratis ongkos kirim, Prinsip Belanja Hemat


Entah kenapa, saya begitu konsern dengan yang namanya "gratis ongkos kirim." Menurut pengalaman sih, kadangkala kita membeli barang yang ongkos kirimnya jauh lebih mahal daripada harga barang itu sendiri. Jadi kalau gratis ongkos kirim, itu artinya kita bisa menghemat dan memang benar-benar membeli dengan biaya murah bukan sebaliknya semakin mahal karena ongkos kirimnya juga mahal.

Jadi, sebelum benar-benar membayar saya pasti akan berusaha melihat tagihan pembelian apakah ada ongkos kirim atau tidak. Jika ada, biasanya saya memilih untuk membelot ke toko online sebelah yang menyediakan Free Ongkir. Saya pribadi sebenarnya sudah memiliki list toko online mana saja yang terpercaya dan memberikan biaya kirim gratis.


Harga Lebih Murah, Belanja Hemat donk!


Untuk membeli berbagai jenis barang kebutuhan yang tidak mendesak, saya biasanya memilih berbelanja di toko online yang menawarkan harga barang lebih murah. Kadang juga saya akan menunda pembelian hingga mendapatkan diskon atau voucher. Teknik ini sudah saya buktikan berkali-kali untuk menekan pengeluaran rumah tangga. Dan bahkan, saya merasa sisa uang belanja dari diskon dan voucher tersebut bisa dialihkan untuk ditabung atau membeli keperluan lainnya.

Jadi kalau ada toko online yang rajin nawarin diskon, saya juga pasti rajin ngecek email atau berkunjung langsung ke toko online tersebut melalui website atau melalui aplikasinya.


Lalu, Apa jadinya kalau semua Toko Online terpercaya ini bisa kamu temui disatu tempat?


Tentu saja kemudahan ini sangat mempersingkat waktumu dalam berbelanja online bukan? Selain itu, kamu juga bisa memilih toko online yang memberi banyak kemudahan dan tentu saja dengan harga yang urah. Adalah ShopBack, salah satu situs yang akan memberikanmu Cashback langsung dengan berbelanja melalui situs ini. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan saat berbelanja melalui ShopBack. Kamu juga bisa mendapatkan double promo dengan kode voucher yang disediakan oleh ShopBack.

Selain itu, ShopBack juga sering memberikan program-program menarik seperti  Belanja makin hemat di Online Revolution 1111 dengan menggunakan ShopBack yang akan berlangsung bulan November mendatang. Bayangkan saja, saat kamu belanja di event Pesta Cashback Nasional, banyak sekali yang akan kamu dapatkan, udah dapet diskon dapet cashback lagi ;).

Bagaimana Caranya Belanja di ShopBack?


Nah, mungkin sebagian dari kamu akan bertanya-tanya, masak iya sih dapet uang lagi, pasti caranya ribet. Tenang saja.. Belanja di ShopBack sangat mudah, pertama kamu hanya perlu membuka situs ShopBack, daftar terlebih dahulu jika belum punya akun, atau lebih mudahnya, kamu juga bisa masuk dengan akun facebookmu.

Kemudian kamu bisa mulai memilih toko online favoritmu disana, ada banyak sekali toko online terpercaya di ShopBack.

Daftar toko online
Kemudian, langkah selanjutnya, kamu akan dibawa kehalaman toko online tersebut, disini saya memilih blibli.com.


Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman konfirmasi, klik saja langsung "Belanja Sekarang"


Dan Tara.. kamu hanya perlu membeli kebutuhan yang diperlukan. Perlu diingat, Jangan Tutup Halaman belanja sebelum transaksi selesai agar kamu mendapatkan Cashback langsung dari ShopBack. Bagaimana? Mudah bukan, Belanja Cermat dan Hemat? ShopBack-in aja!

Friday, 14 October 2016

Resep Pudding Pumpkin, Makanan Sehat yang Murah Meriah

Kamu, pasti sudah tau dan kenal banget sama yang namanya labu kuning atau pumpkin. Buah satu ini sering dipakai oleh orang luar dalam acara Halloween. Gak ngikutin sih, cuma dulu sering nonton film gitu, kalo pas ada acara Halloween pasti identik dengan labu kuning. Kalau saya sendiri sih, labu kuning ya dimasak, ngapain pake dibikin bentuk monster, kan sayang ya haha.

Di Jawa sendiri, banyak sekali petani yang menanam buah labu kuning ini di kebunnya. Selain menanamnya sangat mudah, labu kuning juga tidak butuh perawatan khusus, hanya dibiarkan saja sudah bisa hidup sendiri.


Sebelum saya lanjut cara membuat pudding pumpkin ini, pasti kita juga mau tau donk, apa saja sih manfaat dari pumkin yang sudah terbukti nyata, tentunya dengan pengalaman saya sendiri ya..

Lancar BAB, setelah makan pumpkin


Setiap saya masak sayur bening bayam yang saya campur dengan labu kuning, saya, Kinza dan abinya selalu lancar BAB. Bahkan mas Jo sendiri bisa sampai 3 kali masuk kamar mandi. Seperti semacam obat pencahar gitu lah haha. Jadi, setiap mas Jo ngeluh gak bisa BAB berhari-hari, saya masakin aja labu kuning ini.

Mengandung Banyak Gizi


Selain menjadi salah satu jenis sayur yang memiliki rendah kalori Pumpkin mungkin juga mengandung banyak serat makanan. Antioksidan, mineral, dan vitamin juga banyak terkandung di dalam buah labu kuning. perhitungannya, setiap 100 gram labu kuning terdapat 26 kalori yang  bebas dari lemak jenuh dan juga kolesterol. Seperti saya, orang awam kurang mengerti istilah-istilah seperti ini mungkin tidak kita ketahui dengan jelas namun yang pasti buah labu kuning memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kita. Diantaranya adalah menstabilkan gula darah karena buah labu kuning termasuk sayuran yang rendah kalori dan gula darah. Selain itu, kandungan magnesium yang terdapat pada pumpkin dapat menjadikan kita lebih tenang karena buah ini dapat merilekskan syaraf.


Resep Masakan dari Labu atau Pumpkin


Sudah tau kandungan gizi yang terdapat di buah pumpkin ini, saatnya kita mengolahnya menjadi makanan lezat dan nikmat. Beberapa orang mungkin tidak menyukai bau dari pumpkin, namun kalau sudah diolah menjadi hidangan yang menggiurkan, siapa sih yang gak tertarik. Beberapa lalu, saya membuat Pudding dari Pumpkin ini, caranya mudah banget.

Bahan Pudding Pumpkin


  • Susu kedelai, kebetulan saya memiliki beberapa botol susu kedelai, karena saya ingin mencoba hal baru, saya menggunakan susu kedelai sebagai ganti susu sapi.
  • Gula saya pakai sekitar 250 gr, bisa dikurangin atau ditambah untuk manis yang sesuai selera
  • Separo buah labu yang besar, blender sampai halus
  • Agar-agar warna putih 3 sachet besar ( yang menggunakan 900 ml Air )

Cara membuat pudding dari pumpkin


Mudah donk pastinya ya, masukkan semua bahan yang sudah saya tulis diatas dalam air dengan ukuran agar-agar. Jadi kalau misalnya blenderan pumpkin memerlukan air sekitar 500 ml dan gula sekitar 200 ml, total semua bahan jadai 700ml. Sementara kita membutuhkan air sekitar 2700ml, jadi tinggal menambahkan sari kedelai atau air sebanyak 2000ml. Begitu kira-kira cara mengukurnya. Setelah semua tercampur rata, nyalakan kompor dan rebus hingga mendidih.

Memang rasa dari pudding pumpkin ini agak sedikit bertextur, tapi rasanya enakk banget :D. Selamat mencoba yaaa.. semoga sukses dan bermanfaat :)



Wednesday, 12 October 2016

Kiat Menghadirkan Cinta dalam Perbedaan Kehidupan Rumah Tangga

Perbedaan memang selalu ada, bukan kepada sepasang suami istri, bahkan kepada orang tua sendiri yang melahirkan dan membesarkan kita bisa saja berbeda. Bukan dari hal-hal  besar, bahkan hal kecil seperti meletakkan sesuatu yang tidak pada tempatnya saja bisa memicu pertengkaran jika tidak dilanjutkan dengan komunikasi yang baik. Setelah berumah tangga dengan seorang Joo, saya mengerti banyak hal yang mungkin sedikit bagian darinya yang saya tahu.

Bagimu, yang sedang jatuh cinta.. Perbedaan berumah tangga itu sangat banyak.. Jika kita tidak bisa menghadapinya dengan baik, bisa saja setan mencari celah kosong untuk membakar semuanya menjadi hal yang mengerikan.

Kita, tidak bisa menyalahkan perbedaan, kita hanya perlu menguatkan cinta..

Kembali Kepada niat awal


Jika sudah begitu, kembalikan kepada niat awal menikah kita apa? Apa iya untuk bertengkar dan bercekcok dengan pasangan? Niat menikah yang karena Allah akan lebih mudah mengembalikan semuanya kepada Allah jika terjadi sesuatu. Memang, kadang emosi membawa kebencian dan gengsi yang tinggi, disana kita dituntut untuk memulai lebih dahulu, memulai apa?


Mulai minta maaf dan berbicara


Meskipun makan pernah sepiring berdua, minum bergantian gelas, dan saling mengasihi dalam banyak hal. Kita kadang gengsi untuk memulai pembicaraan dengan pasangan, merasa benar dan kadang malu. Waktunya kita 'membunuh' semua perasaan-perasaan itu, katakan maaf, meskipun itu sulit. Jangan berangsur-angsur berdiam diri karena kebencian, disana kembali setan akan menyerang ruang-ruang sempit yang sudah mulai terisi oleh kebencian. Mau dikuasai setan?

Ingat Kebaikan Pasangan


Selain hal yang menimbulkan pertengkaran rumah tangga memang gak ada hal lain saat emosi sudah mulai menguasai hati. Padahal, dibandingkan hal yang menyakiti kita barusan, ada ribuan kebaikan yang mungkin sudah kita lupakan. Pasangan kita, melakukannya dengan penuh cinta dan keihlasan, itu yang harus selalu diingat. Dengan begitu, emosi bisa kita tekan dan kembali menggenggam erat tangannya, memahami perbedaan dan menciptakan kasih sayang dalam rumah tangga.

Ketulusan tidak bisa dibandingkan dengan kebencian, bukan?


"Bukankah pernikahan terjadi karena kita merasa bisa saling mengasihi dan berbagi kasih sayang?"

"Bukankah pernikahan terjadi karena kita saling memberi dan menerim satu sama lainnya?"

"Bukankah pernikahan ini, kita sendiri yang mau menjalankan?"

Dan yang pasti, Bukankah Allah sudah tau yang terbaik untuk kita, kamu dan hidupku.. akan menjadi satu bagian yang indah dalam bingkai rumah tangga. Sampai detik ini, aku masih mencintaimu.. katakan itu kepadanya..

Friday, 7 October 2016

Pengalaman Sukses Membuat Bakso Sendiri

Saya adalah salah satu orang yang sangat menggemari kuliner bakso dan segala jenisnya. Entah mau makan sehari 3-4 kali bakso, saya gak bakalan protes. Namun, beberapa kali saya membuat bakso dengan cara yang saya pelajari tanpa panduan apapun dari youtube atau browsing misalnya, walhasil bakso yang saya bikin gagal total. Dari lengket sampai kelembekan dan berbentuk layaknya makanan sampah, menyedihkan :D.

Nah, kemaren itu ceritanya saya sedang mau coba blender baru yang saya beli dari blibli. Akhirnya, saya praktek juga bikin bakso untuk yang pertama kalinya selama di Jawa. Resep membuat baksopun sangat mudah, bisa dibilang siapa aja pasti bisa dan sukses membuat bakso kenyal dan berisi. Sayangnya saya tidak membuat video cara membuat bakso ini, lain kali mungkin ya.. InsyaAllah..


Oke, langsung saja yuk kita simak, apa aja bahan untuk membuat bakso yang enak ini:


Bahan dan resep Membuat Bakso

Pertama yang harus kamu lakukan saat akan membuat makanan sejuta umat ini adalah menyiapkan bahan-bahan dari bakso. Disini saya akan share ukuran yang saya buat kemaren ya.., diantaranya:


  • 250 Gram - Daging Sapi
  • 500 Gram - Daging ayam, bagian dada
  • 5 siung - Bawang putih
  • 5 siung - Bawang merah, di goreng terlebih dahulu
  • 1 Bungkus - Merica bubuk, saya pake ladaku
  • 400 Gram - Tepung tapioka
  • 4 butir putih telur
  • 3 sendok - garam
  • 2 sendok - Gula
  • 1 sendok - Baking Powder

Sudah siap semua bahannya, nanti akan saya sertakan foto sendok ukuran yang saya pakai ya.. jadi jangan khawatir :).
Sendok ukurnya, ini kayak sendok es krim gitu deh..

Cara membuat Bakso Kenyal

Caranya sangat mudah, haluskan daging sapi dan ayam terlebih dahulu. Haluskan juga semua bumbu seperti bawang putih dan bawang merah goreng. Kalau saya kemaren, langsung saya masukkan bersama daging saat digiling, hemat waktu :D. Kemudian kalau sudah halus, masukkan semua bahan-bahan jadi satu. Aduknya pake tangan aja.. cepet juga kok hehe. Dan taraaa.. jadi deh adonan baksonya.


Cetak manual saja menggunakan tangan ;). Tangan kiri mencet bakso, sementara tangan kanan ngambil dengan sendok kemudian dimasukkan ke air mendidih diatas kompor. Bakso yang sudah matang akan megapung, dannn.. siap di makan, emmmm enaakk..

Gampang kan resep membuat bakso-nya, dijamin sukses dah. Mas Jooizzy suka banget, sambil ngemilin bakso yang masih panas, beberapa kali saya langsung dikasih hadiah sun pipi karena sukses bikin baksonya haha. asik asik ;). Selamat mencoba yaaa...